Dark/Light Mode

Hasto: PDIP Sangat Hati-hati Umumkan Nama Untuk Pilkada Surabaya

Selasa, 1 September 2020 12:33 WIB
Hasto: PDIP Sangat Hati-hati Umumkan Nama Untuk Pilkada Surabaya

RM.id  Rakyat Merdeka - Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, partainya menempatkan Kota Surabaya sebagai panggung politik utama, setelah Jakarta.

Surabaya tidak hanya kota terbesar kedua Indonesia, tetapi juga menjadi best practices kota sederet prestasi. 

Baca juga : Puan Hanya Tunjukkan Amplop, PDIP Batal Umumkan Calon di Pilkada Surabaya

“Surabaya sangat layak ditempatkan sebagai puncak pengumuman calon kepala daerah dan wakil kepala daerah PDIP. Di kota inilah, semangat nasionalisme dan patriotisme tumbuh subur. Di kota inilah, semangat hubbul wathon minal iman berkumandang menghalau bala tentara Sekutu, ” ujar Hasto seperti dikutip Gesuri, Selasa (1/9). 

"Bagaikan pasukan Sekutu yang mencoba merampas kedaulatan NKRI dengan NICA dibelakangnya, kini pun ada kekuatan tersembunyi yang mencoba hadir dengan ‘meriam kapitalnya’ untuk merebut Surabaya. Pertimbangan mereka murni kekuasaan dan kapital," imbuhnya.

Baca juga : Gelar RUPS, Sepatu Bata Umumkan Susunan Direksi dan Komisaris Anyar

Bagi PDIP, kekuasaan itu membangun peradaban, terlebih untuk Kota Surabaya yang telah hadir sebagai laboratorium politik di mana Pancasila begitu membumi. 

Hasto mengatakan, kepemimpinan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini bersama seluruh jajaran birokrasi, dirasakan betul kehadirannya oleh masyarakat Surabaya. Semua itu membentuk modal sosial sebagai benteng pertahanan rakyat, agar Surabaya tidak jatuh ke tangan yang salah.

Baca juga : Bamsoet Ingatkan Komitmen Paslon Pilkada 2020 Tak Kerahkan Massa

"Itulah yang menyebabkan mengapa PDI Perjuangan begitu hati-hati. Ibu Megawati Soekarnoputri pun mempertimbangkan dengan seksama, dengan bening. Sebab keputusan terhadap sosok pemimpin Surabaya tersebut berkorelasi langsung terhadap kehidupan rakyat kecil, dan juga menentukan arah masa depan Kota Surabaya yang begitu indah dan asri. Bahkan demi tanggung jawab tersebut, pengumuman Kota Surabaya pun dilakukan secara khusus," papar Hasto. [BSH]

Puncak pengumuman calon akan dilakukan dalam Rapat DPP PDIP yang dinyatakan terbuka untuk umum, dan dilakukan secara daring pada Rabu (2/9) besok, pukul 14.00 WIB. [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.