Dark/Light Mode

KPK Dituding Hilang Kesederhanaannya

Nurul Ghufron Pamer Kontrakan

Selasa, 20 Oktober 2020 05:02 WIB
Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron. (Antara Foto)
Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron. (Antara Foto)

RM.id  Rakyat Merdeka - Selain kinerja yang memble, gaya hidup pimpinan KPK sekarang ini, juga menuai banyak sorotan.

Mulai dari kasus Ketua KPK, Komjen Firli Bahuri yang terbukti melanggar etik karena sewa helikopter, minta kenaikan gaji, hingga soal pengadaan mobil dinas bernilai miliaran.

Semua kontroversi itu, membuat KPK dituding hilang kesederhanaannya. Ciri khas pemburu koruptor yang selama ini membuat publik decak kagum.

Soal tudingan KPK hilang kesederhanaannya itu, langsung dibantah Wakil Ketua KPK, Nurul Ghufron. Untuk memastikan omongannya, Ghufron sampai pamer kontrakan.

Baca juga : Dituding Hedon, Waka KPK: Silakan Lihat Rumah Kontrakan Saya

Rencana pengadaan mobil dinas bagi pimpinan, pejabat dan dewan pengawas memang KPK masih ditinjau. Namun, wacana tersebut sudah telanjur menuai kritik dari banyak pihak.

Termasuk dari eks pimpinan KPK yang merasa, proyek itu berlebihan dan tidak sensitif di saat rakyat lagi hidup sulit. Ghufron menjadi pimpinan KPK pertama yang angkat bicara soal rencana pengadaan mobil dinas.

Dia juga yang berani menjawab tudingan pimpinan KPK sekarang bergaya hidup hedon (mewah). Dia membiarkan masyarakat menilai sendiri.

“Saya tidak akan menerima, pun tidak akan menolak,” ujar Ghufron, kemarin. Lalu Ghufron bicara kehidupannya sendiri. Dia mengaku, saat ini tinggal di kontrakan. Lokasinya di kawasan Pulogadung, Jakarta Timur.

Baca juga : KPK Telusuri Aliran Uang Pernikahan Anak Nurhadi

“Silakan ke rumah kontrakan saya. Lihat makanan saya, lihat kendaraan, pakaian, dan semua yang ada. Setelah itu saya akan menerima apapun penilaiannya,” tantangnya.

Memangnya seperti apa kontrakan Ghufron? Dari foto-foto yang diterima wartawan, rumah kontrakan Ghufron memang tak terlampau mewah. Tapi juga tak bisa dibilang sederhana.

Rumah kontrakannya itu bukan seperti yang ada di gang-gang sempit atau pemukiman padat di Jakarta. Rumah tempat Gufron mengontrak ada di dalam kompleks yang tertata rapi.

Rumah itu berlantai dua. Catnya didominasi warna oranye dengan gerbang hitam. Tak terlalu luas jika dilihat dari depan. Halamannya juga tak terlalu luas. Hanya ada carport untuk satu mobil.

Baca juga : Muchamad Nabil Haroen: Pemerintah Sudah Kerja Keras

Di terasnya, ada dua sepeda motor bebek yang parkir di situ. Tampak juga AC dan mesin cuci ada di teras. Rumah kontrakan Ghufron lebih besar, lebih modern dan lebih bagus dibanding rumah kontrakan tempat Ketua KPK Abraham Samad, dulu.

Rakyat Merdeka pernah menyambangi kontrakan Samad yang terletak di daerah Rawamangun, itu. Samad merupakan salah satu yang menuding lunturnya kesederhanaan pimpinan KPK saat ini.

Dia mengingatkan, rencana pengadaan mobil dinas tidak sesuai dengan aturan etik KPK yang melarang pegawainya menunjukkan gaya hidup mewah.

“Kalau misalnya tiba-tiba sekarang mau dianggarkan dengan anggaran yang sebegitu besar, menurut saya itu sudah keluar menyimpang dari budaya KPK,” kritik Samad, Jumat (16/10).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.