Dark/Light Mode

Hari Ini TGPF Intan Jaya Laporkan Hasil Investigasi

Orang Papua Puji Jokowi

Selasa, 20 Oktober 2020 21:57 WIB
Hari Ini TGPF Intan Jaya Laporkan Hasil Investigasi Orang Papua Puji Jokowi

 Sebelumnya 
Sebagian anggota tim, kini sudah kembali ke Papua seperti Rektor Universitas Cenderawasih, Apollo Safanpo. Sementara sebagian lainnya, masih berada di Jakarta untuk mendampingi ketua tim menyerahkan hasil investigasi kepada pemerintah.

Hari ini, Benny Mamoto sebagai ketua tim dan para anggota TGPF akan diterima Menko Polhukam Mahfud MD, yang akan mengumumkan hasil investigasi tersebut.

Sempat Ditembak KKB

Baca juga : Penyerahan Hasil Investigasi Intan Jaya Diundur Rabu

Diketahui, TGPF Intan Jaya terdiri dari berbagai elemen yang solid, seperti perwakilan tokoh masyarakat, perwakilan akademisi, perwakilan gereja, serta perwakilan unsur Kepolisian, TNI, Badan Intelijen Negara (BIN), dan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

Tokoh-tokoh yang terlibat antara lain Pendeta Henok Bagau dari Intan Jaya, Jhony Nelson Simanjuntak dari PGI, Taha Alhamid, Makarim Wibisono, Constan Karna, Michael Menufandu, I Dewa Gede Palguna, Samuel Tabuni, Edwin Partogi, dan perwakilan dari Polri, TNI dan BIN. Serta Deputi 3 Kemenko Polhukam Sugeng Purnomo, yang juga Wakil Ketua TGPF Intan Jaya.

Dari akademisi kampus, ada rektor Universitas Cendrawasih Apolo Safanpo dan Sosiolog UGM Bambang Purwoko. Sedang unsur pemerintah seperti Deputi Bidang Polhukam Kantor Staf Presiden, Jaleswari Pramodhawardani dan sejumlah tokoh kredibel lainnya.

Baca juga : Hari Libur, Masjid At Tin TMII Terapkan Kapasitas Tampung 50 Persen

TGPF  dibentuk untuk menyelidiki terkait rentetan penembakan yang terjadi di Intan Jaya. TGPF berada di Timika sejak Rabu (7/10).

Mereka bergerak ke Sugapa untuk mencari fakta-fakta penembakan yang menewaskan 2 anggota TNI, 1 warga sipil, dan 1 pendeta itu. 

TGPF sempat dihadang dan ditembaki KKB, setelah melakukan olah TKP. Dua orang terkena tembakan, yakni Satgas Apter Hitadipa Sertu Faisal Akbar. Ia mengalami luka tembak di pinggang.

Baca juga : Investigasi Rampung, TGPF Intan Jaya Pulang Ke Jakarta

Selain itu, juga ada dosen UGM yang masuk ke dalam TGPF, Bambang Purwoko. Ia mengalami luka tembak di pergelangan kaki kiri dan pergelangan tangan kiri. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.