Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Survei Lotte Dan LSI Denny JA Sebut Sekolah Online Pengaruhi Psikologis Ibu

Minggu, 25 Oktober 2020 06:04 WIB
Webinar bertajuk: Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Para Ibu di Tengah Pandemi, yang digelar Lotte Choco Pie, Sabtu (24/10). (Foto: Istimewa)
Webinar bertajuk: Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Para Ibu di Tengah Pandemi, yang digelar Lotte Choco Pie, Sabtu (24/10). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kaum ibu menilai bahwa sekolah online alias daring tidak efektif jika terus menerus dilakukan. Mereka juga merasa sekolah daring mempengaruhi kesehatan mental anak.

Demikian hasil survei yang dilakukan Lotte Choco Pie Indonesia yang bekerja sama dengan LSI Denny JA. Dalam survei itu ditemukan bahwa terjadi beberapa kemunduran pada anak-anak akibat sekolah online. 

Sebanyak 65,7 persen ibu-ibu menilai anak-anak menjadi sulit diatur selama sekolah online. Kemudian, sebanyak 68,4 persen ibu-ibu menilai antusiasme dan minat anak kendor. Selanjutnya, 63,4 persen kaum ibu menilai sekolah online membuat pola istirahat atau tidur anak menjadi tidak teratur. 

Baca juga : Survei LSI Denny JA, Elektabilitas Olly Dondokambey Paling Tinggi

“Mayoritas ibu atau sebanyak 70 persen menilai bahwa sekolah daring tidak efektif jika terus menerus dilakukan,” kata Manajer Marketing Lotte Choco Pie Indonesia Ingen Ate dalam webinar gratis bertajuk “Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Para Ibu di Tengah Pandemi”, Sabtu (24/10).

Lotte Choco Pie menyatakan, sedari awal pihaknya ingin memberikan yang terbaik bagi para ibu dan juga mendukung momen kebersamaan ibu dan anak serta keluarga. Lotte Choco Pie Indonesia bekerja sama dengan LSI Denny JA mengambil inisiatif untuk melakukan survei dan kunjungan kepada para ibu di area Jakarta, dikarenakan pentingnya untuk memotivasi mereka untuk menjaga kesehatan mental, khususnya di masa pandemi saat ini.

Program survei ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tingkat kekhawatiran para ibu di tengah pandemi, khususnya mengenai kondisi dan perkembangan anak-anak yang hingga kini masih melakukan semua kegiatan dari rumah. Survei dilakukan pada 24 September-8 Oktober 2020 dengan 440 responden, yang terdiri dari para ibu yang memiliki anak berumur 3-12 tahun.

Baca juga : Survei Cyrus, Mayoritas Masyarakat Setuju Sekolah Dan Perkantoran Dibuka

Hasil survei menunjukkan sebanyak 82,5 persen ibu-ibu sudah sangat khawatir terhadap virus Covid-19 karena mereka tahu bahwa virus ini membahayakan bagi kesehatan. Selain itu, sebanyak 56,1 persen menyatakan, dampak Covid-19 ini membuat kondisi ekonomi rumah tangga tidak stabil. Di sisi lain, 70 persen menilai bahwa sekolah daring tidak efektif jika terus menerus dilakukan.

Lotte Choco Pie mengakhiri program survei dan kunjungan ini dengan mengadakan webinar gratis bertajuk “Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Para Ibu di Tengah Pandemi”. Acara ini diisi psikolog anak, Kak Seto, dan Brand Ambassador Lotte Choco Pie, Carissa Puteri.

“Program ini juga dilakukan karena peran ibu begitu krusial di tengah keluarga dan masyarakat. Jika kita tidak meningkatkan awareness untuk menjaga kesehatan mental mereka di tengah krisis, anak-anak akan menjadi stres dan dampaknya akan begitu mengkhawatirkan,” ujar Ingen Ate.

Baca juga : Menkeu Sebut Serangan Corona Kian Mengerikan

Secara konsisten, Lotte Choco Pie memastikan akan terus berbagi dan menginspirasi para ibu dalam kondisi dan situasi apa pun juga. Dan terus mengingatkan pentingnya mewujudkan premium bonding moment setiap hari melalui pengalaman-pengalaman yang positif, serta komunikasi berkualitas antara ibu dan anak. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan nilai kebersamaan dan menyempurnakan hubungan keluarga Indonesia. Karena untuk mewujudkan anak-anak yang bahagia, diperlukan juga ibu yang bahagia dengan jiwa yang sehat dan kuat. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.