Dark/Light Mode

Pilgub Sulut

Survei LSI Denny JA, Elektabilitas Olly Dondokambey Paling Tinggi

Minggu, 13 September 2020 16:24 WIB
Pilgub Sulut Survei LSI Denny JA, Elektabilitas Olly Dondokambey Paling Tinggi

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan elektabilitas pasangan calon Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Olly Dondokambey – Steven Kandouw di atas dua kompetitornya, Christiany Eugenia Paruntu (Cep) – Sehan Salim Landjar (Sehan) dan Vonny A Panambunan (VAP) – Hendry Runtuwene (Hendry).

Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman mengatakan, berdasarkan hasil survei LSI, elektabilitas pasangan Olly Dondokambey – Steven Kandouw mencapai 68,1 persen, sementara elektabilitas Cep-Sehan sebesar 16.9 persen dan VAP-Hendry sebesar 7,2 persen.

"Mereka yang belum menentukan pilihan tersisa 7.2 persen. Olly Dondokambey – Steven Kandouw unggul dua digit di atas 40 persen,” kata Ikrama Masloman, Minggu (13/9), di Manado, Sulut.

Dilanjutkannya, sejak bulan April hingga Agustus 2020, elektabilitas ketiga pasangan calon memiliki tren peningkatan. Namun tren peningkatan merata dan tidak ada signifikan pada posisi urutan elektabilitas.

Baca juga : Donald Trump Sawer Pengangguran Amerika

Ikrama mengatakan, survei LSI bertajuk ‘Tiga Bulan Jelang Pilkada Sulut Kekuatan Para Kandidat di Enam Kantong Pemilih Penting, Sebelum Masa Kampanye’ dilakukan pada tanggal 22- 29 Agustus 2020, dengan menggunakan 800 responden.

Ikram menjabarkan, keunggulan pasangan Olly – Steven terhadap Cep-Sehan dan VAP Hendry didasari oleh keunggulan pada kantong-kantong pemilih penting.

"Mengapa Olly – Steven perkasa di segmen pemilih penting? Pertama, tingkat popularitas atau pengenalan yang tertinggi juga tingkat kesukaan yang tinggi, Olly Dondokambey (OD) dikenal oleh 90,8 persen dan disukai sebesar 90,1 persen," ujarnya.

Sementara, Christiany Eugenia Paruntu atau Tetty Paruntu dikenal sebesar 71 persen dengan tingkat kesukaan sebesar 68,8 persen, dan Vonny A.

Baca juga : Hasil Survei LSI, Petahana Olly Dondokambey Sulit Dikalahkan Di Pilgub Sulut

Panambunan (VAP) dikenal sebesar 63,7 persen, dengan tingkat kesukaan sebesar 68,8 persen. Sementara, dukungan Petahana di enam kantong pemilih penting bergitu perkasa dilatarbelakangi approval rating tingkat kepuasan terhadap petahana diatas 80 persen.

"Dimana mereka yang puas dan cukup puas dengan kinerja Olly Dondokambey sebagai petahana sebesar 89.5 persen, sedangkan yang menyatakan kurang puas dan tidak puas sama sekali, turun dan hanya sebesar 8,5 persen," lanjutnya.

Selain kepuasan persepsi, keberhasilan Petahana diapresiasi lebih tinggi, dimana mereka yang menyatakan petahana sangat berhasil dan cukup berhasil sebesar 85,5 persen, sedangkan yang menyatakan kurang berhasil dan tidak berhasil sama sekali kurang dari hanya sebesar 8,5 persen.

Selain itu, persepsi kepuasan terhadap pemerintahan juga mengalami peningkatan dari survei sebelumnya. Pada aspek personaliti, Olly juga dipersepsi sebagai pribadi yang pintar (93,4) berwibawa (91,9), mampu mengambil keputusan (88,5) menyenangkan (87,2) dll.

Baca juga : Corona Bikin Elektabilitas Parpol Papan Atas Melorot

Namun masuk masa kampanye dan tiga bulan menjelang pilkada, Di masa kampanye, para kandidat berpeluang untuk menarik simpati dan dukungan pemilih yang belum menentukan pilihan.

"Di masa kampanye pun, bisa terjadi dinamika dukungan para kandidat. Namun jika tidak terjadi suatu kejadian luar biasa, dukungan petahana tidak akan berubah signifikan," tegas Ikrama. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.