Dark/Light Mode

Gelar Wisuda Ke-15

President University Ajak Gunakan Peluang Unik Di Tengah Pandemi

Senin, 26 Oktober 2020 13:12 WIB
Wisuda ke-15 President University yang digelar secara virtual, Minggu (26/10). (Foto: Dok. President University)
Wisuda ke-15 President University yang digelar secara virtual, Minggu (26/10). (Foto: Dok. President University)

 Sebelumnya 
Peluang di Tengah Pandemi
Di tengah kondisi dunia yang berjuang melawan Covid-19, Prof Jony justru mengajak wisudawan untuk melihat pandemi ini sebagai peluang baru, peluang yang unik. “Saat ini PHK terjadi di mana-mana. Banyak pencari kerja yang kesulitan mencari pekerjaan. Ada ungkapan, lautan ganas justru menciptakan pelaut terampil. Maka, inilah saatnya mengubah pandemi sebagai peluang untuk mempertajam jiwa kewirausahaan,” ucapnya.

Di tengah pandemi, katanya, justru banyak bisnis baru yang bermunculan yang bahkan bisa dikelola hanya dengan gadget. Kehadiran bisnis-bisnis baru itu ternyata sangat membantu masyarakat. Maka, Prof Jony mengajak wisudawan untuk membangun bisnis-bisnis baru yang menggabungkan pengetahuan yang mereka peroleh selama kuliah dengan perkembangan teknologi. “Saya optimis, bisnis-bisnis baru para wisudawan akan memberikan dampak nyata. Bukan hanya membantu masyarakat untuk bertahan di era pandemi, tetapi juga menciptakan dunia yang lebih baik dan penuh harapan,” tegas Prof. Jony.

Baca juga : Sertifikasi Halal Bantu Produk RI Bersaing Di Tengah Pandemi

Senada dengan Prof Jony, pendiri President University, SD Darmono juga menegaskan bahwa perubahan-perubahan yang terjadi di masa pandemi ini justru akan menjadi sesuatu yang menyenangkan jika para wisudawan mampu dengan cepat beradaptasi. Salah satu unsur penting dalam kemampuan beradaptasi adalah networking. Karena itu, Darmono mengingatkan wisudawan untuk menjaga hubungan baik dengan sesama alumni dan terus memperluas jejaring. “Berjejaring dan membina persahabatan itu sangat penting bagi karier Anda. Baik yang berkarier sebagai profesional, pengusaha, termasuk bagi mereka yang terjun ke dunia politik,” ucapnya.

Saat ini, jejaring wisudawan President University tak hanya tersebar di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri. Sebab, mahasiswa President University, termasuk lulusannya, juga datang dari 19 negara di dunia. Ini membuat mahasiswa dan wisudawan berkesempatan untuk memiliki koneksi yang luas.

Baca juga : Wisuda Universitas Budi Luhur Gunakan QR Code

Dalam upacara wisuda kali ini, President University juga mengundang Cleopatra Veloutsou, professor brand management dari University of Glasgow. Dalam pesannya yang disampaikan secara virtual, Prof  Veloutsou menekankan pentingnya untuk tidak hanya memiliki ilmu, namun juga mengerti bagaimana cara menggunakannya. 

“Universitas telah mengajarkan keterampilan berpikir. Gunakanlah keterampilan itu untuk perluas kerangka berpikir. Cobalah mencari solusi. Cobalah untuk menemukan pendekatan alternatif yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di komunitas,” pesan Prof Veloutsou. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.