Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kondisi Masih Mengkhawatirkan

Indonesia Care Salurkan Logistik Pengungsi Merapi

Sabtu, 14 November 2020 10:37 WIB
Penyaluran logistik untuk pengungsi Merapi oleh Indonesia Care.
Penyaluran logistik untuk pengungsi Merapi oleh Indonesia Care.

RM.id  Rakyat Merdeka - Ribuan warga yang menghuni lereng Merapi masih memilih tinggal di pengungsian. Abu vulkanik dan kepulan asap masih terus disemburkan dari kawah magma.

Sejumlah desa dengan radius 5 kilometer dari bibir kawah masih dihimbau untuk tidak kembali ke rumah, mengingat lereng Merapi masih mengalirkan lahar dingin dan dan semburan abu vulkanik.

Sejumlah kantong pengungsi masih dipadati para penyintas Merapi. Salah satunya, di Wisma Nugraha Mertoyudan Magelang. Di tempat ini, sedikitnya ada 270 jiwa lebih yang mengungsi ke sini.

Baca juga : Polisi Tetapkan 3 Tersangka Baru Kebakaran Gedung Kejagung, Ini Perannya

"Alhamdulillah hari ini (Jumat, 13/11) Indonesia Care telah berhasil menyalurkan kembali bantuan logistik bagi pengungsi di Mertoyudan. Mulai dari beras, sayur mayur, masker, air mineral dan makanan ringan lainnya," ujar Direktur Eksekutif Indonesia Care, Lukman Azis di temui di lokasi pengungsian.

Lukman mengungkapkan, bantuan dalam tahap emergency ini diperlukan para pengungsi minimal untuk bertahan hidup. Mereka butuh bantuan pangan, kesehatan dan air bersih. "Setelah bantuan ini, dalam waktu dekat kita juga akan kembali mengirimkan bantuan tahap dua," imbuhnya.

Direktur Operasional Indonesia Care, Mukhsin yang hadir mendampingi mengungkapkan, bantuan tahap kedua bisa saja didistribusikan bukan di tempat yang sama. "Karena hasil assasment tim relawan kami, masih ada beberapa kantong pengungsi yang masih minim bantuan. Insya Allah kami coba tahap dua ke lokasi-lokasi tersebut," imbuhnya.

Baca juga : PT Pos Terus Salurkan Bantuan Sosial Tunai Ke Daerah Terluar

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah sendiri hingga kini belum bisa memastikan sampai kapan erupsi ini berakhir. Karenanya, hingga kini kondisi masih berstatus siaga.

Diakui Mukhsin, dentuman dari puncak Merapi sesekali masih terdengar, terutama di malam hari. Padahal, Indonesia Care posisinya berada di radius 15 km dari puncak Merapi. "Jelas terdengar kalau malam hari," akunya.

Mukhsin berharap, dukungan para dermawan tidak mengendur, mengingat ancaman abu vulkanik dan lahar dingin masih mengancam. "Sewaktu-waktu bisa terjadi letusan. Yuk, bantu terus melalui Indonesia Care di rekening BNI Syariah 7000-555-292," imbuh alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.