Dark/Light Mode

Hindari Covid Dengan 3M, Kalau Sakit, Rata-rata Biayanya Rp 184 Juta

Selasa, 17 November 2020 20:23 WIB
Hindari Covid Dengan 3M, Kalau Sakit, Rata-rata Biayanya Rp 184 Juta

 Sebelumnya 
Covid-19 menimbulkan beban dan merugikan negara. Hingga kini, perawatan pasien Covid-19 masih menjadi tanggungan negara, yang menggunakan dana APBN untuk penanganannya.

Baca juga : 4 Hari Operasi Gabungan Di Kawasan Puncak, 69 Wisatawan Reaktif

Pengeluaran negara mencapai Rp 800 triliun (APBN, APBD, dan dana desa) untuk pengobatan hingga program pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Baca juga : Menteri Nahan Napas Rakyat Nahan Perut

Apabila masyarakat disiplin melakukan gerakan 3M, kerugian negara bisa ditekan, dan dampak lainnya kasus Covid-19 pun juga menurun.

Baca juga : Kiai Ma`ruf Bikin Rakyat Tentrem

“Kalau kita menggunakan masker kain yang bisa dicuci, biayanya sangat murah. Mungkin, satu hari tidak sampai Rp 5.000. Tapi begitu tertular Covid-19, katakanlah penghasilan kita 1 hari Rp 100 ribu, jika dirawat 15 hari saja, kita akan kehilangan Rp 1,5 juta. Lebih baik kita mengeluarkan Rp 5.000 sehari dan mengupayakan disiplin 3M, daripada kehilangan Rp 1,5 juta. Ini yang harus kita pikir panjang. Jangan hanya berpikir buat hari ini atau besok saja," papar Hasbullah. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.