Dark/Light Mode

Stok Di PMI Mulai Berkurang

Yuk, Donor Darah Dengan Tetap Menerapkan Prokes

Jumat, 20 November 2020 05:57 WIB
Ilustrasi Donor Darah di Tengah Pandemi Corona. (Foto/Ist)
Ilustrasi Donor Darah di Tengah Pandemi Corona. (Foto/Ist)

 Sebelumnya 
Marullah mengajak masyarakat tidak perlu khawatir mendonorkan darahnya di masa pandemi ini. PMI telah menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat kepada pendonor.

”Tidak perlu khawatir. Protokol kesehatan kita taati,” tukas Marullah.

Satgascovid-19. id pun mengunggah meme sebuah kantong darah yang dibarengi dengan petunjuk yang harus dijalani calon pendonor sebelum mendonorkan darahnya.

Baca juga : Pandemi Belum Berakhir, LPOI Ajak Masyarakat Jauhi Kerumunan Dan Terapkan Prokes

Tak ketinggalan petugas donor darah terlihat menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Dalam captionnya, Satgascovid19.id mengajak netizen mendonor darahnya saat pandemi dan tidak usah takut dan khawatir.

Donor darah yang aman harus mematuhi protokol kesehatan. “Ayo sahabat Satgas, kita sama-sama menjadi agen perubahan dengan mematuhi protokol kesehatan dan saling menjaga satu sama lain. Putuskan rantai penyebaran Covid-19,” ajaknya.

Harya_bimz menyambut baik kegiatan donor darah. Dia mengajak masyarakat mendonorkan darahnya. Khusus yang tinggal di DKI Jakarta, saat ini PMI kekurangan stok darah.

Baca juga : Suharso: Pemulihan Ekonomi Dan Kelestarian Lingkungan Seperti Sayap Angsa

“Kalau bisa dan sempat, ayo donor mandiri ke PMI Jalan Kramat Raya,” ajaknya. Alif menyambar, “Yok donor darah. Kabarnya PMI sekarang sedang kekurangan pasokan stok darah”.

Ajakan serupa dilontarkan Yudizabrik. Dia meminta masyarakat mau mendonorkan darah untuk sesama. Soalnya, stok darah di sejumlah Kantor PMI terus menipis di masa pandemi.

“Yuk, kita bantu selamatkan sesama. Jadwalkan dan segera lakukan donor darah,” ajak Yudizabrik.

Baca juga : Ingat Selalu Ya, Jangan Lengah, Jangan Anggap Enteng Prokes

Teteh punya cerita. Dia bilang, di PMI bertemu dengan banyak orang yang lagi nyari darah buat kebutuhan pasien. Dia merasa kasian karena stok darah di PMI sedikit karena efek pandemi.

Para pendonor darah takut keluar untuk donor dan tertular Virus Corona. “Yang merasa sehat, yuk donor darah. Niatin ibadah... itung-itung buat nolong orang yang lagi butuh,” kata dia.

Kominfotikjp mengatakan, di awal pandemi, PMI sempat kekurangan stok darah. Sementara setiap harinya, DKI Jakarta harus menyiapkan 1.000 kantong darah untuk disalurkan ke rumah sakit. “Yuk donor,” ajak dia. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.