Dark/Light Mode

Upayakan Pemulihan Ekonomi

Pemkab Purwakarta Dorong Pemerintahan Desa Gali Potensi Dan Berinovasi

Kamis, 26 November 2020 13:42 WIB
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo (tengah), saat menunjukkan Produk BUMDes di wilayah Kecamatan Sukasari. (foto/ist)
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo (tengah), saat menunjukkan Produk BUMDes di wilayah Kecamatan Sukasari. (foto/ist)

 Sebelumnya 
Lebih jauh dikatakan, selaras dengan Program Pemerintah Pusat, Pemkab Purwakarta dalam salah satu penjabaran dari Visi Pembangunan Kabupaten Purwakarta Tahun 2018 - 2023 yaitu mewujudkan purwakarta istimewa sebagai cita-cita pembangunan.

“Purwakarta bagi penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan segenap pemangku kepentingan pembangunan di Kabupaten Purwakarta adalah dengan mewujudkan perekonomian rakyat yang kokoh berbasis desa,” katanya.

Baca juga : Erick: Pemerintah Tak Akan Paksa Warga Divaksin Covid

Salah satu misi pemerintah daerah tersebut dilakukan melalui program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan memberikan bantuan permodalan kepada Bumdes dan UMKM.

Tujuannya untuk meningkatkan produktivitas dan keanekaragaman usaha yang ada, terpenuhinya sarana dan fasilitas infrastruktur dalam upaya untuk mendukung peningkatan ekonomi desa.

Baca juga : Pemerintah Ikuti Tren Layanan Global

Selain itu, membangun dan memperkuat institusi yang mendukung rantai produksi dan pemasaran, serta mengoptimalkan sumber daya manusia Pengurus BUMDES melalui pembinaan dan pelatihan sebagai dasar pertumbuhan ekonomi desa.

Dari sisi regulasi, Pemerintah Kabupaten Purwakarta bersama DPRD Kabupaten Purwakarta telah menerbitkan Perda Nomor 13 Tahun 2019 tentang Bumdesa, dimana dalam salah satu pasalnya bahwa Desa melaksanakan Penyertaan Modal bagi Bumdesa minimal 10 persen dari APBDesa. [DR/ADV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.