Dark/Light Mode

BPPTKG Melihat Adanya Potensi Guguran Erupsi Merapi ke Kali Senowo dan Kali Lamat

Jumat, 27 November 2020 17:45 WIB
Ilustrasi gunung Merapi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi gunung Merapi. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Ia menambahkan melihat guguran juga terjadi di barat laut, maka potensi ke arah itu juga ada. Hanya saja kami masih belum bisa menentukan arah pastinya.

Selanjutnya, Hanik Humaida juga berharap hasil pengamatan tersebut kemudian dapat memberikan gambaran para pengambil kebijakan agar membuat keputusan dengan baik, dalam kaitan pengurangan risiko bencana dan penguatan kapasitas lainnya.

Baca juga : Erupsi Merapi Dan Corona, Semoga Kita Baik-baik Saja

Sebagaimana informasi sebelumnya, BPPTKG telah menyampaikan kenaikan status Gunung Merapi menjadi Level III atau Siaga sejak Kamis (5/11).

Sejalan dengan hal tersebut, BPPTKG juga menyebutkan bahwa potensi bahaya Gunung Merapi saat ini berupa guguran lava, lontaran material vulkanik apabila terjadi erupsi eksplosif dan awan panas sejauh maksimal 5 kilometer dari puncak Gunung Merapi.

Baca juga : BPBD : Pengungsi Merapi Di Magelang Capai 635 Orang

Hanik juga merekomendasikan Pemerintah Kabupaten Sleman, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Klaten agar mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan upaya mitigasi bencana akibat letusan Gunung Merapi yang bisa terjadi setiap saat.

"Guna mengantisipasi dan mengurangi risiko bencana yang dapat ditimbulkan dari aktivitas Gunung Merapi tersebut, BPPTKG memberikan rekomendasi bahwa kegiatan penambangan di alur sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) III agar dihentikan," pungkas Hanik. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.