Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bikin Berbagai Terobosan di Tengah Pandemi, Kombes Singgamata Raih Pin Emas Kapolri

Sabtu, 28 November 2020 13:54 WIB
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Singgamata. (Foto: Ist)
Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Singgamata. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kalimantan Timur Kombes Pol Singgamata menerima penghargaan pin emas dari Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz yang diserahkan secara virtual, Kamis (26/11) lalu.

Penghargaan diberikan kepada Kombes Pol Singgamata berkat inovasinya yang berhasil memangkas birokrasi dan waktu pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) Internasional.

Terobosan Kombes Singgamata adalah layanan prima kepada masyarakat di era adaptasi kebiasaan baru untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 di ruang pelayanan publik. Para pemohon SIM Internasional cukup  mengakses secara online.

Baca juga : Ringankan Beban Masyarakat Di Masa Pandemi, Appi-Rahman Gagas Penghapusan Sejumlah Pajak

Inovasi ini diluncurkannya bertepatan Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020. Saat itu, Singgamata menjabat Kasubdit SIM Direktorat Regident Korlantas Mabes Polri.

Mendapat penghargaan dari bosnya, Singgamata berterimakasih kepada para seniornya. "Alhamdulillah. Ini semuanya datang dari Allah. Berkat arahan dan bimbingan Kakorlantas dan Dirregident. Terima kasih untuk semua tim Subdit SIM dan tim teknis IT atas kerja samanya yang baik," ujar Singgamata kepada wartawan, Jumat (27/11).

Menurutnya, dengan sistem ini, pembuatan SIM Internasional dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Publik dapat mengakses lewat browser di ponsel atau komputer, hanya dengan menulis kata kunci SIM Internasional.

Baca juga : Jaga Persatuan, Pemuda Pancasila Dorong Rekonsiliasi Nasional

Setelahnya, masuk ke website siminternasional.korlantas.polri.go.id dan registrasi secara daring. Kemudian mengisi data diri dengan mengunggah foto SIM yang masih berlaku, Kartu Tanda Penduduk (KTP), paspor, foto KITAP khusus WNA, pas foto dengan warna latar belakang putih, dan foto tanda tangan.

Pemohon memilih cara pengambilan SIM Internasional. Pengambilan dapat dilakukan dengan datang ke Kantor Pelayanan SIM Internasional Korlantas Polri, atau dikirim ke rumah melalui jasa pengiriman PT. Pos Indonesia atau Gojek.

"Jadi, amat simpel. Pemohon cukup ikuti petunjuk-petunjuknya. Dan, SIM Internasional akan tiba di rumah. Kalau untuk masyarakat, jika bisa dipermudah, mengapa tidak," ungkapnya.

Baca juga : Bertahan Di Tengah Pandemi, Kementan Apresiasi Peternak Sapi Perah Di Jakarta

Singgamata memang dikenal sebagai perwira yang dekat dengan berbagai kalangan. Perwira ini juga sosok terbuka dan mau diberi masukan, serta selalu berinovasi di manapun ditugaskan. Khususnya untuk memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan.

Ketika menjabat Dirlantas Polda Sumatera Barat, dirinya juga banyak bikin terobosan. Salah satunya melibatkan Pemda, tokoh masyarakat dan pedagang, mengatasi kemacetan parah di Jalan Lintas Padang-Bukittinggi via Kotobaru yang jadi langganan macet puluhan tahun, terutama saat musim mudik. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.