Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hanya Untuk Data Pasien Di Kota Bogor

Hargai Keberatan Rizieq, Satgas Covid Tak Akan Publikasikan Hasil Tes Swab

Minggu, 29 November 2020 06:08 WIB
Ilustrasi alat swab test untuk uji spesimen (Foto: Antara)
Ilustrasi alat swab test untuk uji spesimen (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Satgas Penanganan Covid-19 menegaskan, pihaknya tak akan mempublikasikan data hasil tes swab dari pentolan FPI Rizieq Shihab ke publik. Data tersebut hanya untuk pencatatan data pasien yang masuk dan dirawat di rumah sakit di Kota Bogor.

"Kami dari Satgas Covid-19 menghargai keberatan pasien. Kami tidak akan mempublikasikan data pasien. Kepentingan kami adalah untuk pencatatan data di Satgas," kata Ketua Bidang Penegakan Hukum dan Kedisiplinan Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor, Agustiansyah, di Kota Bogor, seperti dilansir Antara, Sabtu (28/11).

Menurutnya, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor telah meminta Rizieq yang dirawat di RS UMMI Kota Bogor menjalani tes swab, untuk memastikan apakah kondisinya benar-benar sehat atau terpapar Covid-19.

Baca juga : Satgas Covid Kota Bogor Laporkan Dirut Dan Manajemen RS UMMI Ke Polisi

"Karena, dalam kegiatan Rizieq yang dihadiri massa di Petamburan Jakarta pada pekan lalu, ada sekitar 30-an orang yang kemudian dinyatakan positif Covid-19," kata Agustiansyah.

Kepala Satpol PP Kota Bogor ini menjelaskan, Tim dari Dinas Kesehatan Kota Bogor telah datang ke RS UMMI, pada Jumat (27/11) siang untuk melakukan pendampingan pelaksanaan tes swab terhadap Rizieq.

Namun, manajemen RS UMMI menyebut, Rizieq telah dites swab oleh dokter pribadinya dari Mer-C.

Baca juga : Ketua Satgas Covid: Pemberian Masker Dan Hand Sanitizer Semata-mata Untuk Perlindungan Terhadap Masyarakat

Jumat (27/11) malam, Wali Kota Bogor bersama Kapolresta Bogor Kota dan Dandim 0606 Kota Bogor mendatangi RS UMMI. Menanyakan lagi soal tes swab, karena hal itu adalah amanat UU Kekarantinaan Kesehatan untuk memastikan kondisi kesehatan seseorang.

Agustiansyah mengungkap, pihak keluarga Rizieq menyampaikan, bos FPI itu sudah dites swab pada Jumat (27/11) pagi dan tidak bersedia untuk dites swab ulang.

"Manajemen RS UMMI menjanjikan, hasil tes swab akan keluar pada Jumat (27/11) pukul 23.00 WIB. Tapi, kami tunggu sampai Sabtu (28/11) pagi, belum ada hasilnya," terang Agustiansyah.

Baca juga : Dunia Tak Pernah Damai, Jika Kebebasan Didewakan Dan Toleransi Diabaikan

Kabar terbaru pada Sabtu (28/11) malam, Wali Kota Bogor mendapat surat dari Rizieq, yang menyatakan keberatan bila hasil tes swabnya dipublikasi.

"Kami menghargai keberatan pasien. Data pasien tidak untuk dipublikasikan, tapi hanya untuk pencatatan data di Satgas," tandas Agustiansyah. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.