Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Geledah Rumah Sekretaris Dinas PUPR Kota Banjar, KPK Amankan Dokumen Terkait Korupsi

Jumat, 11 Desember 2020 09:16 WIB
Geledah Rumah Sekretaris Dinas PUPR Kota Banjar, KPK Amankan Dokumen Terkait Korupsi

RM.id  Rakyat Merdeka - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan terkait kasus dugaan korupsi proyek pekerjaan infrastruktur pada Dinas PUPR Kota Banjar Tahun Anggaran 2012 - 2017.

Ada dua rumah yang digeledah, yakni rumah Sekretaris Dinas PUPR Kota Banjar David Abdullah dan rumah bekas Sekretaris Daerah Kota Banjar Sodikin.

"Kamis (10/12)  kemarin, tim penyidik KPK melaksanakan penggeledahan di dua lokasi, di rumah kediaman Sekretaris Dinas PUPR Kota Banjar dan rumah kediaman mantan Sekda Banjar," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Jumat (11/12).

Baca juga : Geledah Kantor PT ACK, KPK Sita Dokumen Ekspor Benih Lobster

Beberapa barang diamankan dalam penggeledahan itu. Di antaranya, berbagai dokumen yang terkait dengan perkara rasuah ini.

Berikutnya, tim penyidik akan menganalisa dokumen dimaksud untuk kemudian dilakukan penyitaan sebagai barang bukti dalam perkara ini.

KPK hingga kini belum mengumumkan siapa tersangka dalam kasus ini. Pengumuman baru akan dilakukan ketika penyidik melakukan penahanan.

Baca juga : Pertama Kali Di Bandara, Angkasa Pura l Gelar Konser Virtual

Sejumlah saksi telah diperiksa dalam kasus ini. Salah satunya, Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih pada Rabu (12/8) dan Kamis (12/11).

Pada pemeriksaan pertama, Ade didalami soal kegiatan usaha yang digeluti keluarganya. Sementara dalam pemeriksaan kedua, dia dikonfirmasi soal dokumen-dokumen perihal catatan keuangan yang berkaitan dengan perkara ini.

Penyidik KPK juga pernah memeriksa anak Ade, yang merupakan Direktur Operasional PT Pribadi Manunggal Guntur Rachmadi pada Selasa (11/8).

Baca juga : Halo Kota Bekasi, Kapan Perketat Aktivitas Warga

Sama seperti Ade, dia juga dikonfirmasi soal usaha yang digeluti keluarga. Selain itu, saksi lain yang juga diperiksa adalah anggota Partai Demokrat Kota Banjar, Budi Sutrisno, Selasa (24/11).

Dari Budi, penyidik menggali dugaan adanya aliran dana dari proyek pekerjaan infrastruktur itu untuk pembentukan tim gabungan pemenangan calon kepala daerah pada Pilkada 2013.

Dalam Pilkada 2013, ada lima pasangan calon yang ikut pilkada Kota Banjar. Pasangan tersebut yakni Maman-Wawan Ruswandi, Ijun Junasah-M Sodiq, Rusli-Wawan Gunawan, Ade Uu Sukaesih-Darmadji, dan Akhmad Dimyati-Muin Abdurrohim. Kontestasi ini kemudian dimenangkan Ade Uu Sukaesih-Darmadji. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.