Dark/Light Mode

Corona Naik Lagi

Pilkada Membawa Korban....

Minggu, 13 Desember 2020 05:11 WIB
Ketua KPU Kota Tangerang Selatan, Bambang Dwitoro dimakamkan di TPU khusus Covid-19 di Jombang, Tangerang Selatan, Banten, kemarin. Bambang wafat usai dirawat di rumah sakit selama beberapa hari karena terpapar Covid-19. [NET]
Ketua KPU Kota Tangerang Selatan, Bambang Dwitoro dimakamkan di TPU khusus Covid-19 di Jombang, Tangerang Selatan, Banten, kemarin. Bambang wafat usai dirawat di rumah sakit selama beberapa hari karena terpapar Covid-19. [NET]

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelaksanaan Pilkada serentak sudah selesai, tapi kasus Corona belum juga usai. Justru kasus Corona malah naik lagi. Yang menyedihkan, tak sedikit kontestan dan penyelenggara Pilkada meninggal karena Corona. Pilkada menelan korban.

Tercatat, ada 76 kandidat Pilkada 2020 yang dinyatakan positif Covid-19 dan 5 orang di antaranya meninggal dunia. 76 kepala daerah tersebut terdiri dari 44 calon bupati, 19 calon wakil bupati, 10 calon wali kotaI dua calon wakil wali kotaI dan satu calon gubernur.

Baca juga : PDIP Berjaya Di 4 Pilkada Sumbar

Mereka yang meninggal adalah calon Walikota Dumai Eko SuharjoI calon Walikota Bontang Adi DarmaI calon Bupati Kabupaten Bangka Tengah Ibnu Saleh dan calon Bupati Berau Muharram. TerbaruI yakni calon Bupati Barru Malkan Amin yang meninggal saat hari Pencoblosan (9/12) karena positif Corona.

Selain kontestan, tak sedikit juga penyelenggara Pilkada yang tewas karena Corona. Kemarin, Ketua KPUD Tangerang Selatan, Bambang Dwitoro meninggal dunia. Bambang meninggal saat dirawat di RS Sari Asih Ciputat usai dinyatakan positif Covid-19.

Baca juga : Ini Yang Mengerikan

Komisioner Bawaslu, Mochammad Afifuddin mencatat, banyak petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang dinyatakan positif Corona. Bahkan, petugas KPPS yang reaktif Corona, justru masih bertugas di 1.172 TPS.

Angka tersebut diketahui setelah Bawaslu menerima laporan dari 100.995 pengawas TPS melalui Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu). Namun, data tersebut, kata dia, masih perlu dikonfirmasi lebih jauh lagi. Misalnya, seberapa lama petugas KPPS tersebut telah dinyatakan positif Covid. Salah satu daerah yang ditemukan KPPS positif Covid-19 masih datang ke TPS yakni di Sulawesi Utara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.