Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Tips Sembuh Dari Covid-19

Wali Kota Malang: Tetap Ceria, Jangan Mikir Yang Nggak-nggak

Selasa, 15 Desember 2020 13:27 WIB
Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto: Ist)
Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wali Kota Malang Sutiaji telah dinyatakan negatif Covid-19 berdasar hasil swab kedua pekan lalu. Dia kini kembali beraktivitas setelah selama dua pekan isolasi mandiri di rumah dinas Wali Kota Malang.

Sutiaji pun curhat selama dia mengidap virus ini. Awalnya, dia mengumumkan diri positif Covid-19 1 Desember lalu melalui unggahan video di akun Instagram pribadinya. Sebelum positif, ia mengaku tak aktif selama sepekan. Kondisi fisiknya sudah menurun.

Baca juga : Tim Pemburu Covid-19 Buru Pelanggar Prokes

Selama isolasi, Sutiaji mengaku dirinya mengalami gejala parah. Malahan, jantungnya alami pembengkakan. "Muncul flek setelah jantung saya agak lembek dan kemudian membengkak sehingga nafas saya agak tersengal," cerita Sutiaji.

Karena kondisi ini, Sutiaji sempat panik dan khawatir. Kematian membayanginya. Apalagi, selama isolasi dan penyembuhan, ia sempat mimpi ketemu orang tua dan neneknya.

Baca juga : Tips Terhindar Covid-19 di Musim Hujan, Selalu Bawa Masker Cadangan

Sutiaji pun ogah berpikir berlebihan. Mimpi inilah yang membuat dirinya kuat dan bangkit. "Setelah kejadian itu saya merasa harus kuat. Alhamdulillah saya bisa melewati masa kritis," ujarnya. 

Sutiaji memaparkan, salah satu kunci keberhasilan melewati masa isolasi adalah selalu berpikir positif. Yakni dengan mengubah ketakukan menjadi motivasi. "Jadi bagi yang tahap penyembuhan jangan sampai memikirkan yang tidak-tidak. Usahakan tetap ceria," pesannya.

Baca juga : Biaya Perawatan Covid-19 Mahal, Yuk Kita Terus Jaga Protokol Kesehatan

Dia juga menyarankan masyarakat untuk memperbanyak minum ramuan memperkuat imun. "Seperti ramuan probiotik untuk terapi penyembuhan. Kemarin saya juga melakukan hal tersebut. Alhamdulillah saya bisa melewati situasi sulit dan bisa kembali sembuh menang lawan Covid-19," pungkas Sutiaji. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.