Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pjs Wali Kota Medan Ingatkan Warga, Jangan Bergerombol Di TPS

Selasa, 13 Oktober 2020 15:47 WIB
Pjs Wali Kota Medan, Arief Sudarto Trinugroho (kanan). [Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu]
Pjs Wali Kota Medan, Arief Sudarto Trinugroho (kanan). [Foto: Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu]

RM.id  Rakyat Merdeka - Pejabat Sementara (Pjs) Wali Kota Medan, Arief Sudarto Trinugroho akan mendukung penuh Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Medan 2020 agar berjalan sukses dan lancar. Apalagi, pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan ini berbeda dari sebelumnya. Karena digelar di tengah pandemi Covid-19.

Dia pun berpesan, agar tidak muncul klaster baru setelah digelarnya pemilihan kepala daerah (pilkada) nanti. Pemerintah Kota (Pemkot) Medan, ujarnya, terus berupaya keras agar Kota Medan ke luar dari zona merah.

Baca juga : Plt Bupati Ponorogo Ingatkan ASN Netral Di Pilkada

"Yang rawan tertular Corona adalah ketika masyarakat datang ke TPS dan menumpuk, menunggu giliran mencoblos. Saya minta, KPU dapat mengatasinya dengan baik," kata Arief, kemarin.

Di saat yang sama, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Medan akan merekrut 38 ribu anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga hari ini. Nantinya, KPPS ini bertugas di TPS-TPS saat Pilwalkot Medan 9 Desember 2020.

Baca juga : Kalau Sayang Keluarga, Please Jangan Berkerumun

"Saat ini sedang dalam proses rekrutmen anggota KPPS. Rekrutmen calon anggota KPPS telah dibuka sejak 7 sampai besok (13/10)," kata Ketua KPUD Kota Medan, Agussyah Ramadani Damanik, kemarin.

Dia menyatakan sangat mengharapkan dukungan penuh Pemkot Medan dalam proses rekrutmen itu. Karena ribuan calon petugas KPPS yang akan direkrut itu tentunya akan mengikuti pemeriksaan kesehatan di seluruh Puskemas di Kota Medan. Pasalnya, salah satu syarat bisa mengikuti seleksi KPPS adalah mendapatkan surat kesehatan.

Baca juga : Warga Ibu Kota Harus Tetap Patuhi 3 M 

Untuk itu, Agussyah menyampaikan harapan besar, agar saat calon KPPS melakukan pemeriksaan kesehatan dipermudah. Sehingga pemeriksaan kesehatan dapat berjalan dengan lancar.

"Setelah lulus seleksi dan sebelum penetapan, peserta akan mengikuti rapid test. Jika hasilnya reaktif atau positif, yang bersangkutan akan langsung diganti," ujarnya. [EDY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.