Dark/Light Mode

Gandeng Rans Entertainment

BPIP Bumikan Pancasila Lewat Film Lorong Waktu Si Aa

Selasa, 15 Desember 2020 17:16 WIB
BPIP bumikan Pancasila Lewat film lorong waktu Si Aa
BPIP bumikan Pancasila Lewat film lorong waktu Si Aa

RM.id  Rakyat Merdeka - Untuk kian membumikan nilai luhur Pancasila kepada generasi muda, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggandeng Rans Entertainment meluncurkan film animasi Lorong Waktu Si Aa.

Kepala BPIP Yudian Wahyudi mengatakan, animasi ini dibuat dalam rangka mewujudkan amanat Presiden RI Joko Widodo.

Melalui film animasi, Yudian meyakini bahwa nilai-nilai luhur bisa lebih mudah sampai kepada anak.

Baca juga : Asdamindo Pastikan Galon Guna Pakai Sudah Lewati Kontrol Ketat

"Saya kebetulan punya dua orang cucu. Keduanya sangat suka menonton animasi, jadi tentu saya senang dengan adanya animasi Lorong Waktu Si Aa, selain anak terhibur juga mendapat pengetahuan tentang nilai-nilai luhur pancasila," kata Yudian dalam konferensi pers Lorong Waktu Si Aa di The Tribrata Jakarta, Selasa (15/12).

Lorong Waktu Si Aa menceritakan tentang petualangan Rafathar (Aa) menembus ruang dan waktu untuk melihat langsung bagaimana sejarah dan budaya yang ada di berbagai daerah Indonesia. 

Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia mengungkapkan, munculnya ide buat animasi Lorong Waktu Si Aa yang akan menanamkan nilai-nilai Pancasila, karena melihat situasi dikalangan masyarakat terutama anak muda yang jarang bicarakan ideologi Pancasila.

Baca juga : Gandeng KPK Dan Kemensetneg, PLN Optimalkan Museum Listrik Dan Energi Baru

“Kecintaan terhadap tanah air seolah-olah berkurang karena keterbukaan informasi. Kini banyak banyak anak muda lebih suka dengan budaya luar,” ujarnya.

Oleh karena itu, kata Doli, cara untuk membuat anak muda tertarik bicarakan ideologi Pancasila dengan pendekatan dari hal-hal yang mereka sukai seperti Musik, Kuliner dan film Animasi.

“Sebab kalau melalui ceramah, diskusi atau pidato banyak yang nolak, karena itu dianggap kurang menyenangkan dan membosankan,” katanya.

Baca juga : Bumikan Pancasila Dengan Tindakan Bukan Slogan

Namun Doli menuturkan, film Animasi Lorong Waktu Si Aa ini sasarannya lebih kepada ke anak-anak usia dini dan tentu saat nonton juga bersama keluarga.

“Kenapa dipilih Film Animasi Lorong Waktu Si Aa. Sebab kita mau ceritakan secara utuh mengenai sejarah Indonesia mengenai masa lalu dan sekarang, serta sejarah lahirnya pancasila dan menceritakan kebudayaan yang beragam di Indonesia,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.