Dark/Light Mode

Terima Duta Damai Dunia Maya, BPIP Ajak Sinergi Sosialisasi Toleransi Di Medsos

Kamis, 17 Desember 2020 14:00 WIB
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Benny Susetyo (berbatik) menerima audiensi Duta Damai Dunia Maya BNPT Regional DKI Jakarta, Kamis (17/12). (Foto: Istimewa)
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Benny Susetyo (berbatik) menerima audiensi Duta Damai Dunia Maya BNPT Regional DKI Jakarta, Kamis (17/12). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo menerima audiensi Duta Damai Dunia Maya Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Regional DKI Jakarta, Kamis (17/12). Dalam pertemuan itu, Benny menjelaskan penyebab penyebaran radikalisme, yang salah satunya melalui media sosial (medsos)

"Radikalisme tumbuh dan berkembang, salah satunya karena media sosial. Ini harus menjadi salah satu fokus," jelasnya.

Benny menerangkan, radikalisme terjadi saat seseorang menganggap dirinya paling benar dan yang lain salah serta melegalkan kultur kekerasan. "Mereka melegalkan kultur kekerasan untuk menggantikan ideologi," terang Rohaniawan Katolik ini.

Baca Juga : Jangan Macam-macam, Lembaga Amil Zakat Nakal Bakal Dijewer

Untuk menekan radikalisme ini, Benny mengajak Duta Damai Dunia Maya BNPT bersinergi dalam menyosialisasikan toleransi, kedamaian, dan pembumian Pancasila. "Diharapkan BPIP dan Duta Damai Dunia Maya BNPT dapat saling bersinergi dalam membumikan Pancasila," serunya.

Menurut Benny, Duta Damai Dunia maya BNPT dapat menyosialisasikan dan berkampanye tentang toleransi, persatuan, dan kebersamaan di media sosial. Hal ini penting untuk merebut wacana publik yang saat ini sering disalahgunakan oleh kepentingan kelompok tertentu.

"Duta Damai dapat mengkampanyekan kultur kehidupan bukan kultur kematian. Jika tidak, jalan pintas persoalan radikalisme dan ekstrimisme akan terus menjamur karena dirasuki permusuhan," ucapnya.

Baca Juga : PT PII Dukung PLN Bangun Proyek Jaringan Distribusi Indonesia Timur

Benny menambahkan, dibutuhkan anak muda yang peduli pada bangsanya. Saat ini, anak-anak muda bukan hanya mitra yang bisa diajak kerja sama, tetapi jantung NKRI. 

Wakil Ketua Duta Damai Dunia Maya BNPT Bintang EP Siregar menjawab ajakan sinergi yang disampaikan Benny. Rupanya, Duta Damai Dunia Maya BNPT juga berharap dapat bersinergi dengan BPIP, khususnya dalam menyebarkan konten toleransi.

"Membuat konten cinta damai dan toleran sebagai anak duta damai. Dengan harapan juga dapat bersinergi dengan berbagai lembaga termasuk BPIP," jelas Bintang

Baca Juga : Anies Terbitkan Ingub & Sergub Pembatasan Aktivitas Warga

Bintang menjelaskan, saat ini Duta Damai Dunia Maya sudah fokus tentang kampanye toleransi. "Saat ini memang fokus kami adalah kampanye tentang toleransi melalui dunia maya tetapi secara langsung juga dilakukan," tegas Bintang. [USU]