Dark/Light Mode

Irma Puji Erick: Role Model Menteri Akuntabel

Rabu, 23 Desember 2020 10:39 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram/erickthohir)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Instagram/erickthohir)

RM.id  Rakyat Merdeka - Politisi Partai NasDem nonaktif Irma Suryani Chaniago memuji langkah Menteri BUMN Erick Thohir yang melaporkan dugaan kasus korupsi di PT Asabri ke Kejaksaan Agung (Kejagung). Menurut Irma, langkah tersebut menunjukkan Erick sebagai role model menteri yang akuntabel.

"Setelah pontang panting bersama Pak Luhut Pandjaitan dan Ibu Retno Marsudi mencari vaksin Covid-19 ke berbagai negara, Menteri BUMN Erick Thohir mendatangi kantor Kejagung untuk melaporkan dugaan kasus korupsi di Asabri. Ia menjelaskan, pelaporan ini merupakan salah satu perbaikan terkait dana pensiun yang dikelola Asabri. Erick melihat ada penyimpangan dalam pengelolaan dana pensiun tersebut," ucap Irma, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (23/12).

Berita Terkait : Irma Yakin Ekonomi 2021 Membaik, Minta Kritikus Tak Berpikir Negatif Terus

Dengan sikap ini, kata Irma, Erick telah menunjukkan kerja luar bisa. "Komitmennya pada bangsa dan negara tidak perlu diragukan lagi. Ketegasan sikap, kesantunan, dan kecerdasannya insya Allah akan membawa BUMN tidak lagi banyak membebani negara," ucap Anggota DPR periode 2014-2019.

Mantan Anggota Komisi IX DPR ini melihat, Erick tidak pernah lelah meski Virus Corona mengintai. "Alhamdulillah, beliau sangat taat dengan protokol kesehatan, sehingga sampai hari ini Allah tetap menjaga kesehatannya," ucapnya.

Berita Terkait : Soal Sprindik Menteri BUMN, Ketua KPK: Itu Palsu!

Tindakan Erick, lanjut Irma, perlu dicontoh menteri lain. Yaitu melaporkan kepada pihak yang berwajib bila ada dugaan praktik korupsi pada instansi di bawah kewenangannya.

"Hal ini menunjukkan bahwa beliau berkomitmen terhadap tanggung jawabnya dalam membersihkan semua BUMN dari praktik korup yang merugikan rakyat dan pemerintah. Baru kali ini ada menteri yang secara gentle bersikap tegas. Semoga ini bisa menjadi role model bagi menteri-menteri lain dalam menjalankan tanggung jawab moral. Maju terus Pak Menteri," tutup Irma. [USU]