Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ancaman Covid-19 Masih Mengganas

Liburan Di Rumah Pilihan Terbaik!

Sabtu, 26 Desember 2020 05:43 WIB
Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo saat memberikan keterangan terkait libur akhir tahun 2020 di Jakarta. (Humas BNPB/Ignatius Toto Satrio).
Ketua Satgas Penanganan COVID-19, Doni Monardo saat memberikan keterangan terkait libur akhir tahun 2020 di Jakarta. (Humas BNPB/Ignatius Toto Satrio).

RM.id  Rakyat Merdeka - KETUA Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021 harus disikapi dengan bijak. Dia pun mengajak masyarakat semua untuk menikmati liburan kali ini dengan aman dan nyaman.

“Lebih baik di rumah saja,” kata Doni yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Rabu (23/12).

Dia mengingatkan, menikmati liburan di luar rumah bisa menimbulkan kerumunan. Sementara kerumunan, kata dia, berisiko tinggi menularkan Covid-19. Hingga kini Covid-19 belum hilang dan masih mengancam siapa saja.

“Bila ingin menikmati tahun baru di luar rumah, protokol kesehatan harus diterapkan secara disiplin. Yakni memakai masker, menjaga jarak, menghindari berkerumun dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir,” pesannya.

Doni juga mengingatkan, dalam dua hingga tiga pekan ke depan, cuaca ekstrem akan terjadi. Hal itu, kata dia, seperti yang disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dia pun meminta masyarakat mewaspadai ancaman bencana.

Baca juga : Rusia Dan Indonesia Makin Mesra Di Tengah Pandemi

“Kita harus mengikuti peringatan BMKG, yaitu cuaca ekstrem sampai awal 2021,” ucapnya.

Netizen mengingatkan, libur panjang menjadi salah satu faktor meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia. Karena itu, liburan di rumah menjadi pilihan terbaik.

Loanmarket_luluwamarjan mengung­gah meme yang mengajak masyarakat untuk liburan di rumah saja. Terlihat dalam meme, ilustrasi satu keluarga yang sedang asyik bermain bersama meski hanya di rumah.

“Libur #dirumahaja adalah pilihan terbaik lho. Banyak hal seru yang bisa dilakukan bersama keluarga,” ujar loanmarket_lulu­wamarjan dalam caption-nya.

Di antara aktivitas liburan yang bisa dilakukan di rumah, katanya, adalah olahraga bersama, saling bertukar cerita, melakukan hobi bersama dan berbagai aktivitas lain yang bisa meningkatkan kedekatan.

Baca juga : Jadi Menkes Tanpa Gelar Dokter, BGS Tak Sendiri

Firdzaradiany menyambung, selama pandemi di Indonesia, tercatat 8 kali libur panjang. Lalu 10-14 hari setelah libur panjang kasus Covid-19 rerata naik 40 persen. “Liburan akhir tahun di rumah saja. Untuk kebaikan bersama,” ungkapnya.

Candrakepri juga berkomentar sama. Untuk liburan kali ini, dia memilih di rumah saja demi menghindari kerumunan. Dia mengajak netizen selalu waspada, jaga diri, jaga keluarga, kurangi potensi penularan Covid-19 yang be­lum ada obatnya itu. “Ngemil ringan jangan lupa,” kata dia.

PakTua_Bertani menilai, rumah merupakan tempat paling aman di tengah kasus Covid-19 dan cuaca yang tidak menentu. Di musim hujan, kata dia, liburan ke puncak khawatir longsor. Liburan ke pantai, khawatir gempa dan tsunami “Ke mall banyak Covid-19. Dah mending di rumah aja deh,” ujarnya.

KBinsa mengaku senang libur telah tiba. Namun menurutnya, libur kali ini spesial karena berada di tengah pandemi Covid-19. Dia pun mengimbau masyarakat tetap di rumah dan perbanyak kegiatan seru dengan keluarga.

“Saat liburan panjang, hasrat mendaki gu­nung memang semakin tak tertahankan. Meski saat ini kondisi masih belum kondusif. Kita bisa alihkan dengan melakukan kegiatan lain yang masih berbau outdoor, seperti camping di sekitar rumah,” tutur eigeradventure.

Baca juga : Makin Jelas, Tanda-tanda Pemulihan Ekonomi Di Tahun 2021

Menurut CillaCiwi, netizen bisa mengisi libur Nataru kali ini dengan melakukan ber­bagai hal positif di rumah. Seperti menonton film, membuat eksperimen resep baru atau mendekorasi rumah.

“Sekarang orang lagi berlomba-lomba bikin video liburan dengan peralatan super lengkap, biar terlihat liburan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Padahal, the best way to protect yourself adalah diam di rumah,” kata wonuwon.

Sedangkan GacorLah lebih memilih bertani di halaman rumah untuk mengisi libur Nataru. “Banyak rumput liar digarap, ditanamin seperti jagung manis, timun, kacang tanah,” ungkapnya.

Txtdarisukabumi mengatakan, berlibur di luar rumah sama saja bertaruh nyawa. Lebih baik, kata dia, melakukan quality time di rumah bersama keluarga. “Sayangi diri sendiri, keluarga dan orang-orang terdekat,” katanya. [ASI]  

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.