Dark/Light Mode

Dibandingkan Dengan KPK Lama 

Firli Tak Nyaman

Kamis, 31 Desember 2020 07:40 WIB
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. (Foto: Tedy O.Kroen/RM)
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. (Foto: Tedy O.Kroen/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setahun menakhodai KPK, kinerja Komjen Firli Bahuri menuai pro dan kontra. Ada yang mengkritik, tapi ada juga yang memberikan pujian dan membandingkan dengan kinerja KPK lama. Menanggapi hal itu, ternyata Firli tak nyaman.

Kemarin, sambil memaparkan capaian kinerja KPK tahun 2020, Firli menanggapi berbagai kritik dan pujian yang datang terhadapnya. Dengan tegas, Firli tidak ingin KPK di bawah kepemimpinannya dibandingkan dengan era sebelumnya. Dia beralasan, KPK di bawah kepemimpinannya dihadapkan dengan kondisi pandemi Covid-19.

Berita Terkait : Belum Pol Berantas Korupsi, Firli Minta Maaf

“Tahun 2020 memang kondisinya berbeda dengan tahun sebelumnya. Sehingga, menurut hemat kami, dan tentu kita semua sependapat, tidak elok kalau kita membandingkan apa yang terjadi di tahun 2020 dengan tahun sebelumnya,” kata Firli.

Jenderal polisi bintang tiga ini menuturkan, kondisi pandemi Covid-19 telah mempengaruhi banyak sektor. Sehingga membuat semua pihak, tanpa terkecuali KPK, untuk mengubah mekanisme hingga kinerjanya.

Baca Juga : Wow, Zlatan Ibrahimovic Beli Hutan 10 Ribu Hektare

“Tapi kondisi ini tidak menyurutkan semangat KPK untuk melakukan pemberantasan korupsi,” ujarnya. 

Omongan Firli ini beralasan. Pasalnya sejumlah pihak membanding-bandingkan kinerja Firli dengan era KPK sebelumnya. Penilaian tersebut misalnya datang dari Indonesia Corruption Watch (ICW).
 Selanjutnya