Dewan Pers

Dark/Light Mode

Riset I2

Ini 10 Wali Kota Dan Bupati Top Person Dalam Isu Covid-19

Senin, 4 Januari 2021 08:19 WIB
Lawan Covid-19/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Lawan Covid-19/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tri Rismaharini, yang saat ini menjadi Menteri Sosial, dinobatkan Indonesia Indicator (I2), sebuah sebuah perusahaan Intelijen Media dengan menggunakan piranti lunak Artificial Intelligence (AI), sebagai Wali Kota Terpegah (Top Person) dan Tervokal (Top Influencer) dalam pemberitaan isu Covid-19 di media online sepanjang 2020. 

"Sepanjang 2020, dalam isu Covid-19, Tri Rismaharini diekspose media sebanyak 15.917 berita," ujar Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang saat menyampaikan riset bertajuk "Wali Kota/Wakil Wali Kota dalam Isu Covid-19", Senin (4/1). Menurut Rustika, sorotan tertinggi media massa tertuju pada Risma terkait isu tingginya kasus positif Covid-19 di Surabaya yang mengarah pada zona hitam pada Juni lalu, serta berbagai aktivitas yang dilakukan Risma untuk menanganinya. 

Berita Terkait : Gubernur Top Person 2020: Anies Pertama, Emil Nomor 2

Isu lain yang dibahas media, kata Rustika, berkaitan dengan langkah Risma pasca-Surabaya dinyatakan masuk zona hitam, yaitu dengan penerapan protokol kesehatan ketat, swab gratis, dan penyemprotan disinfektan di berbagai tempat di Surabaya. Risma juga melakukan intervensi kesehatan lingkungan, seperti pemberdayaan masyarakat dalam pembuatan masker, sabun cair, hingga usaha untuk membangkitkan ekonomi masyarakat melalui usaha kecil menengan (UKM), usaha kesehatan bersumber masyarakat (UKBM), dan Koperasi Wanita. 

Posisi kedua Wali Kota Terpegah ditempati Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT dengan 9.286 berita. Menurut Rustika, informasi menarik datang dari Kota Pekanbaru. Beberapa media mengabarkan bahwa Ibu Kota Provinsi Riau ini telah melewati puncak penyebaran Covid-19 tertinggi. Hal ini dilihat dari menurunnya kasus baru di kota tersebut. Firdaus ST menyebut, saat ini zona merah Covid-19 di Pekanbaru menyisakan satu kecamatan. Selebihnya, sudah menurun menjadi oranye bahkan zona kuning.

Berita Terkait : Dijatuhi Sanksi Ketat, Iran Mampu Membuat Vaksin Covid-19

Wali Kota Terpegah ketiga diduduki Wali Kota Bogor Bima Arya, dengan 9.265 berita. Sementara itu, Wali Kota Medan Akhyar Nasution berada di posisi keempat dengan 8.961 berita. Menurut Rustika, sorotan media terhadap Akhyar Nasution lumayan tinggi, khususnya terkait Covid-19. Tingginya ekspose media terhadap Akhyar yang menyangkut tema Covid-19 untuk sebagian juga dipicu debat Pilkada Medan dengan Bobby Nasution. Dalam debat tersebut, Akhyar menepis sinyalemen Bobby tentang kegagalan menekan perkembangan Covid-19 di Medan.
 
Peringkat kelima ditempati Wali Kota Bandung Oded M Danial, dengan 6.810 berita. Sementara, Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menduduki posisi keenam, dengan 6.470 berita. Kota Solo menghadapi tekanan kapasitas pasien Covid-19 yang diberitakan terus mengalami kenaikan. Untuk itu, Pemkot Solo menambah RS rujukan. Solo Technopark menjadi salah satunya. "Aspek positif yang memunculkan harapan bagi warga kota ini adalah pemberitaan media tentang FX Hadi Rudyatmo yang siap divaksin pertama," kata Rustika. 

Peringkat ketujuh ditempati Wali Kota Batam Muhammad Rudi, dengan 6.136 berita. Agak berbeda dengan kepala daerah yang lain, menurut Rustika, Rudi justru menyatakan siap jika belajar dilakukan dengan metode tatap muka. Hanya saja, Rudi menggarisbawahi bahwa hal itu bisa dilakukan dengan syarat sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19. Rudi juga menyatakan siap divaksin pertama. Hal itu dilakukan agar tumbuh kepercayaan pada warga setempat.

Berita Terkait : Bamsoet Cek Kesiapan Bali Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Motocross 2021

Posisi kedelapan hingga ke-10 ditempati Wali Kota Depok Mohammad Idris (5.836 berita), Wali Kota Bekasi Rakhmat Effendi (5.835 berita), dan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany (5.247 berita). "Wali Kota yang mendapat sorotan besar dari media umumnya wali kota pemimpin wilayah penyangga Jakarta (Bodetabek) sebagai wilayah ring 1 Ibu Kota, seperti Wali Kota Bogor Bima Arya, Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi, Wali Kota Depok Mohammad Idris, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah," ungkap Rustika.
 Selanjutnya