Dark/Light Mode

Riset I2

Ini 10 Wali Kota Dan Bupati Top Person Dalam Isu Covid-19

Senin, 4 Januari 2021 08:19 WIB
Lawan Covid-19/Ilustrasi (Foto: Istimewa)
Lawan Covid-19/Ilustrasi (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Posisi keempat ditempati Bupati Siak Alfredi, dengan 3.568 berita. Posisi kelima ditempati Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, dengan 3.376 berita. Posisi keenam diduduki Bupati Banyumas Achmad Husein, dengan 3.180 berita.  Menurut Rustika, nama Achmad Husein sempat melambung di media saat masa awal pandemi. Ia memimpin sendiri tim penguburan jenazah korban Covid-19. Respons positif datang dari sejumlah pihak atas kegigihannya menangani wabah ini.   

Sementara, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bertengger di posisi ketujuh, dengan 2.937 berita. Menurut Rustika, Adnan Purichta disorot media pada kebijakannya mengarantina ratusan orang pada acara Ijtima Jamaah Tabligh zona Asia di Gowa pada Maret 2020. Acara tersebut dihadiri ribuan orang dari berbagai daerah dan dari luar negeri menjadi atensi media, terlebih dilaksanakan pada awal pandemi mulai merebak. Sikapnya yang tegas untuk soal ini sempat memunculkan keberatan pihak penyelenggara acara tersebut. Beruntung kasus tersebut tidak menyulut narasi yang bernuansa SARA di ranah publik. Di samping itu, kebijakan PSBB yang dicanangkan Adnan Purichta Ichsan sempat menuai pro-kontra di lapangan, karena ada perbedaan cara pandang dengan kebijakan pemerintah pusat pada Mei 2020. Adnan Purichta lebih memilih mengikuti arahan pemerintah pusat.

Baca juga : Gubernur Top Person 2020: Anies Pertama, Emil Nomor 2

Posisi kedelapan ditempati Bupati Musi Rawas Hendra Gunawan, dengan 2.720 berita. Salah satu faktor yang membuat nama Hendra Gunawan dikenal banyak orang dan menuai pujian dari masyarakat adalah upayanya untuk menekan jumlah ratusan desa miskin menjadi hanya enam desa. Posisi kesembilan dan ke-10 diduduki Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana (2.579 berita) dan Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris (2.296 berita). 

Top Influencer
Nama Ade Yasin juga berada di urutan pertama Bupati Tervokal (Top Influencer) isu Covid-19 di media massa. Pernyataan Ade terkait Covid-19 muncul sebanyak 28.851. Posisi kedua ditempati Azwar Anas, dengan 17.412 pernyataan. Alfredi menduduki peringkat ketiga, dengan 13.797 pernyataan. Peringkat keempat ditempati Achmad Husein, dengan 11.551 pernyataan. Sedangkan, posisi kelima ditempati Adnan Purichta Ichsan, dengan 11.030 pernyataan.

Baca juga : Dijatuhi Sanksi Ketat, Iran Mampu Membuat Vaksin Covid-19

Peringkat keenam ditempati Dodi Reza Alex Noerdin, dengan 9.443 pernyataan. Posisi ketujuh hingga ke-10 masing-masing ditempati Ahmed Zaki Iskandar (9.417 pernyataan), Hendra Gunawan (6.608 pernyataan), Bupati Kepulauan Anambas, Abdul Haris (5.015 pernyataan) dan Bupati Malang HM Sanusi (4.440 pernyataan). [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.