Dark/Light Mode

Bicara Adab Saat Kunjungi RS Pemerintah Pusat

Anies Nyindir Risma?

Sabtu, 9 Januari 2021 07:55 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat mengunjungi Rumah Sakit (RS) Fatmawati. (Foto: Twitter)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat mengunjungi Rumah Sakit (RS) Fatmawati. (Foto: Twitter)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan bicara adab dan etika saat mengunjungi Rumah Sakit (RS) Fatmawati. Warganet bertanya-tanya maksud eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menuliskan kalimat itu. Ada juga yang menyebut Anies menyindir Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Risma yang rajin blusukan di Jakarta tapi tak pernah koordinasi dengan Pemprov DKI.

Anies melakukan kunjungan ke RS Fatmawati, Kamis (7/1). Hasil kunjungannya, dia posting di akun media sosialnya; Instagram, Twitter, dan Facebook, di hari yang sama.

Berita Terkait : Risma Pindah Kantor Ke Jakarta, Relawan Anies Rapatkan Barisan

Dalam postingan tersebut Anies memasang sembilan foto. Dimulai dari Anies sedang berbincang dengan dokter dan perawat, sampai melihat ruang perawatan RS Fatmawati.

Keterangan fotonya juga dia tulis panjang. Ada enam paragraf. Singkat kata, Anies bercerita tentang kolaborasi dengan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin untuk penanganan Covid-19. Anies pun meminta izin ke Menkes untuk mengunjungi RS Fatmawati yang merupakan milik pemerintah pusat.

Berita Terkait : Risma For DKI-1 Viral Di Medsos

“Untuk menghormati adab dan etika, pagi ini, berkabar terlebih dahulu kepada Menkes bahwa saya akan kunjungi rumah sakit yang milik Kemenkes, bukan milik DKI,” tulis Anies.

Kalimat ini bikin heboh warganet. Mereka menduga kalimat ini ditujukan untuk Risma yang lagi jadi sorotan karena rajin blusukan di Jakarta untuk mencari gelandangan. Apalagi, blusukan eks Wali Kota Surabaya itu tak mengajak Pemprov DKI.

Berita Terkait : Anies Tak Terusik

Akun @nrrhmn13 misalnya. Dia berkomentar, “Untuk menghormati adab dan etika, Pak Anies minta izin dulu ke yang punya wilayah (jadi inget yang lagi drama di Sudirman),” ujarnya. @arull_inst mendukung Anies, “Ini baru kerja nyata. Bukan bikin drakor di pinggir jalan,” katanya. Sementara @umar_faruq_malik: “Sentilan halus banget,” tulisnya.
 Selanjutnya