Dark/Light Mode

MUI Ke Keluarga Korban SJ128

Ikhlaskan, Insya Allah Syahid

Minggu, 17 Januari 2021 08:03 WIB
Keluarga dan kerabat menabur bunga di pusara pramugari Isti Yudha Prastika, korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ182, di TPU Pondok Petir, Depok, Jawa Barat, kemarin. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)
Keluarga dan kerabat menabur bunga di pusara pramugari Isti Yudha Prastika, korban kecelakaan Sriwijaya Air SJ182, di TPU Pondok Petir, Depok, Jawa Barat, kemarin. (Foto: Putu Wahyu Rama/RM)

 Sebelumnya 
Ayu berharap, Allah memberi kemudahan bagi Tim SAR Gabungan mengevakuasi seluruh korban. “Bukan hanya keluarga kami, tapi seluruh korban Sriwijaya Air. Kami mengharapkan hasil yang sebenar-benarnya. Walaupun ikhlas, kami masih berharap bisa ditemukan, meski berupa setitik daging,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi meminta manajemen Sriwijaya Air dan juga Kementerian Perhubungan menjamin penuh hak-hak keperdataan konsumen yang menjadi korban kecelakaan. Hal itu merujuk UU 8/1999 tentang Perlindungan Konsumen, yakni konsumen mempunyai hak atas keselamatan, keamanan.

“Sebagaimana dijamin dalam Undang-Undang Perlindungan Konsumen, sebagai penumpang, konsumen mempunyai hak atas kompensasi dan ganti rugi saat menggunakan produk barang dan atau jasa, dalam hal ini jasa penerbangan,” pinta Tulus.

Baca juga : Presiden Minta Hak-hak Keluarga Korban Jatuhnya Sriwijaya Terpenuhi

Aturan lain yang mewajibkan maskapai untuk membayar asuransi kepada korban telah tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 77/2011 sebagaimana telah diubah dalam Permenhub 92/2011 tentang Tanggung Jawab Pengangkut Udara.

Update Pencarian Korban

Di hari ke-8 kemarin, Tim SAR masih belum berhasil menemukan CVR di 5 titik pencarian. Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Kesiapsiagaan Basarnas, Bambang Suryo Aji menyampaikan, Tim SAR berhasil mengumpulkan 26 kantong jenazah berisikan bagian tubuh, 8 kantong serpihan kecil badan pesawat, dan 1 kantong potongan besar badan pesawat.

Baca juga : Tim DVI RS Polri Terima 58 Sampel DNA Keluarga Korban Sriwijaya Air SJ182

Dengan demikian, maka jumlah kantong jenazah yang berhasil ditemukan hingga pencarian di hari ke-8 berjumlah 298 kantong. Ditambah 54 serpihan pesawat kecil, dan 51 potongan besar.

“Malam ini (kemarin) masih dilaksanakan pencarian CVR dengan menggunakan ROV. Untuk operasi penyelaman tadi malam dihentikan, karena keterbatasan penerangan,” kata Suryo di Terminal JICT, Tanjung Priok, Jakarta, kemarin.

Sementara itu, Tim DVI Mabes Polri melaporkan ada penambahan 7 jenazah yang berhasil diidentifikasi. Sehingga total jenazah yang sudah berhasil diidentifikasi berjumlah 24 korban.

Baca juga : 18 Sampel DNA Keluarga Korban Asal Kalbar Telah Diambil

Sementara berdasarkan data manifest, SJ 182 membawa 62 orang yang terdiri atas 50 penumpang dan 12 orang kru. Dari jumlah tersebut 40 orang dewasa, 7 anak-anak, 3 bayi. Sedangkan 12 kru terdiri dari 6 kru aktif dan 6 kru ekstra. Sehingga, masih ada 38 jenazah lagi yang belum diidentifikasi atau ditemukan.

Ke-7 korban yang teridentifikasi atas nama Rosi Wahyuni (50), Rizky Wahyudi (26), Nelly (49), Beben Sopian (58), Makrufatul Yeti Srianingsih (30), Arifin Ilyas (26), dan Arneta Fauzi (38). [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.