Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pesan Doni Setelah Positif Corona

Makan Bersama Bawa Malapetaka

Minggu, 24 Januari 2021 07:04 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo (Foto: BNPB)
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo (Foto: BNPB)

 Sebelumnya 
“Ini menjadi pelajaran berharga bahwa kedisiplinan selama sebelas bulan itu tetap ada celah seperti saat makan. Sebelumnya ada juga penelitian yang menemukan bahwa para tenaga kesehatan yang tertular saat mereka istirahat untuk makan dan terpaksa membuka masker,” tutur Wiku. 

Selain itu, aktivitas yang padat dan melelahkan jadi faktor menurunnya imunitas seseorang sehingga menjadi lebih rentan terhadap penyakit. “Itulah mengapa, selain menjalankan protokol kesehatan dengan sangat ketat. Kita juga harus menjadi imunitas dengan istirahat cukup, makan bergizi, serta rutin berolahraga,” pesannya. 

Sementara itu, Egy Massadiah, Tenaga Ahli Kepala BNPB menegaskan, Doni Monardo belum menjalani vaksinasi Covid-19. Rencananya, Doni dijadwalkan menjalani vaksinasi, awal pekan depan. “Ini untuk meluruskan informasi bahwa Pak Doni sudah menjalani vaksinasi pada 13 Januari 2021. Beliau akan divaksinasi pada pekan depan bersama para anggota Satgas Penanganan Covid19 lainnya,” tutur Egy. 

Baca juga : Jokowi Terusik Kritik

Mendengar Doni positif Corona, Anggota Komisi IX DPR, Kurniasih Mufida prihatin. Dia berharap, Doni kembali sehat seperti sedia kala. “Semoga Pak Doni sehat lagi,” katanya, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam. 

Dia mengingatkan agar protokol kesehatan (prokes) tetap harus dipatuhi untuk memutus mata rantai penularan virus. Prokes 3M; memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, harus tetap dilakukan. Apalagi saat ini jumlah kasus Covid-19 makin tak terbendung. “Dan baiknya, kalau makan tidak dalam kondisi berkerumun, dan jaga jarak,” katanya. 

Kalaupun harus makan bersama, lanjut Mufida, harus tetap menjaga jarak. Kursinya saling berjauhan, minimal 2 meter. 

Baca juga : Moeldoko Bela Airlangga

Senada, anggota Komisi IX DPR lainnya, Intan Fauzi juga ikut prihatin terhadap Doni yang terpapar Covid. Dia juga berharap, mantan Danpaspampres itu, segera pulih. Menurutnya, orang yang memiliki aktivitas tinggi, akan semakin besar tertular virus Covid-19, karena salah satu cara kerja penularan virus Corona melalui interaksi. “Intensitas interaksi beliau sangat tinggi, sehingga risiko terpapar juga semakin tinggi,” katanya, kepada Rakyat Merdeka, tadi malam. 

Di dunia maya, warganet rame-rame mengirimkan doa untuk kesembuhan Doni. Akun @PJabar73 misalnya. “Cepat sembuh jenderal,” tulisnya. “Syafakallah,” tulis @fatimah_rusalka. “Jadwal beliau padat. Apalagi sedang banyak bencana di negeri ini. Kurang istirahat. Jadi mudah terpapar,” kata akun @TulipKunig5. “Tuntutan tugas beliau memang berisiko tinggi tertular karena harus selalu bepergian. Semoga cepat sembuh pak Doni dan terus kawal program penanggulangan Covid-19 nasional,” ujar akun @p4piKRis. 

Komika yang juga sutradara film, Ernest Prakasa lewat akun Twitternya, ikut mengingatkan masyarakat untuk menghindari makan bersama. “Yang masih pada suka dine-in di resto indoor, hati-hati ya,” cuitnya sambil membagikan tips terhindar Corona. [QAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.