Dark/Light Mode

Peminat Di Stasiun Senen Membludak

Antrean GeNose Mengular, Alat Terbatas, Loket Sempat Ditutup

Sabtu, 6 Februari 2021 07:23 WIB
Para calon penumpang kereta api tampak antre untuk.mendapatkan ayanan pemeriksaan GeNose di Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (5/2) (Foto: KAI)
Para calon penumpang kereta api tampak antre untuk.mendapatkan ayanan pemeriksaan GeNose di Stasiun Senen, Jakarta, Jumat (5/2) (Foto: KAI)

 Sebelumnya 
Soft launching Genose C-19 di Stasiun Senen dibanjiri calon penumpang yang ingin tes Corona. Maklum saja, untuk melakukan tes, cukup merogoh kocek Rp 20 ribu. Selain murah, hasil tes juga keluar dalam waktu singkat, sekitar 30 menit atau setengah jam.

Sejak pukul 06.30 WiB, antrean sudah mengular. Yang boleh melakukan tes dengan GeNose hanya calon penumpang yang memiliki tiket atau kode booking kereta api jarak jauh yang sudah lunas.

Selain itu, setiap calon penumpang yang akan mengikuti uji GeNose dianjurkan tidak merokok, mengkonsumsi makanan berbau tajam dan minum minuman manis, minimal 30 menit sebelum melakukan tes.

Baca juga : Penumpang Kereta Happy Tes Covid Murah Dan Cepat

Calon penumpang melakukan pendaftaran tes GeNose dan membayar Rp 20 ribu ke loket yang sudah disediakan. Dari balik loket tersebut, ada petugas yang memberikan kantong udara berukuran kurang lebih 20x10 centimeter dan stiker yang berisi nama calon penumpang.

Selanjutnya, calon penumpang diarahkan untuk menonton cuplikan video yang memandu cara penggunaan kantong tiup tersebut. tak sulit, seperti meniup kantong plastik biasa.

Setelah ditiup, penumpang diminta menutup katup berwarna biru yang berada di bawah mulut, dengan cara menggeser ke samping. Setelah itu, tinggal menunggu hasil tes keluar.

Baca juga : Ingat, GeNose Sudah Teruji, Murah, Buatan Anak Negeri

Saking membludaknya calon penumpang, sementara alatnya terbatas, loket GeNose sempat ditutup. Calon penumpang yang buru-buru, diarahkan melakukan tes di Stasiun Gambir.

Selain di stasiun kereta api, GeNose rencananya juga akan diterapkan di sejumlah terminal. Salah satunya, di terminal terpadu Pulo Gebang, Jakarta timur.

“Rencananya baru 7 Februari uji cobanya (penumpang tes dengan GeNose). Untuk saat ini belum ada alatnya,” ujar Kepala Terminal Terpadu Pulo Gebang, Bernard Pasaribu, kemarin. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.