Dark/Light Mode

Nenteng Tas Mewah Di Lapas, Novanto Digunjingin

Minggu, 7 Februari 2021 07:02 WIB
Terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto (kedua kanan) saat mengikuti swab test di Lapas Sukamiskin. (Foto: Antara)
Terpidana kasus korupsi e-KTP Setya Novanto (kedua kanan) saat mengikuti swab test di Lapas Sukamiskin. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebuah video memperlihatkan eks Ketua DPR, Setya Novanto akan di-swab test di Lapas Sukamiskin. Dalam video itu, Novanto mengenakan jam mahal dan nenteng tas mewah. Novanto pun digunjingin warganet. 

Video Novanto itu direkam, Kamis (4/2) lalu. Saat itu, Lapas Sukamiskin menggelar swab test kepada ratusan narapidana. tampak petugas kesehatan mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap. Semen tara sejumlah narapidana du duk meng antre. Jarak antar bangku lumayan jauh, kira-kira 1,5 meter. 

Di salah satu bangku tersebut, duduk Novanto. Dia sedang asyik berbincang dengan dua narapidana lainnya. tampilannya agak berbeda dari sebelumnya. Politikus Golkar itu lebih segar. Badannya juga berisi. Wajahnya cukup garang dengan kumis dan brewok yang tidak terlalu panjang. rambutnya klimis. 

Baca juga : Bongkar Kasus Asabri, Mahfud Dapat Banyak Dukungan

Mengenakan kemeja abu-abu, celana panjang hitam, lengkap dengan masker. Tak lama, Novanto dipanggil petugas. Dia pun segera beranjak dari tempat duduknya. Dia terlihat menenteng tas genggam merk Louis Vuitton dan jam mewah. 

Tampilan Novanto pun jadi perbincangan karena tidak memperlihatkan seorang narapidana. Apalagi, saat ini dia sedang menjalani hukuman akibat korupsi. Pengamat hukum dari Universitas Trisakti, Abdul Fikar Hajar menilai, apa yang dikenakan Novanto tidak pantas. Menurutnya, seorang narapidana itu berpakaian layaknya orang yang tengah menjalani hukuman. 

Fikar menjelaskan, meski konsep pemidanaan bukanlah balas dendam, Kepala Lapas tetap harus mengingatkan kepada narapidana jangan terlalu mencolok dalam berpakaian. “Orang akan berpikiran mereka hidup enak di lapas. Padahal mereka narapidana yang sedang menjalani hukuman,” ujarnya, kepada Rakyat Merdeka, semalam. 

Baca juga : TMII Gandeng Bank Mandiri Terapkan Transaksi Nontunai

Dia menyarankan, pengadilan memberikan hukum penyitaan harta koruptor. Dengan begitu, mereka tidak bisa bermewah-mewah lagi selama menjalani hukuman. 

Warganet juga langsung menggunjing Novanto. akun @adi_fuaddi tak segan nyinyirin politikus kelahiran Bandung, 65 tahun silam itu. “Koruptor mah bebas,” cuitnya. “Ini kehebatan koruptor Indonesia. Walaupun di dalam penjara masih pakai yang mahal,” sam ber @bapanenyong. 

Akun @StopCrime7 masih tidak percaya apa yang dia lihat. Dia merasa aneh, aksesoris itu bisa masuk lapas. “Kok bisa ya di penjara? @adcMenkumham,” kritiknya. akun @faiq43683217 coba menjelaskan praktik hukum di negara ini. “Namanya juga Indonesia. tahu kan hukum itu gimana,” timpalnya. Akun @reza2eca lebih bijak. “Asal beneran di penjara gak apa-apa lah. asal bener,” tulisnya.

Baca juga : Pemerintah Diminta Benahi Tata Niaga Daging Sapi

Eks Ketua umum Golkar ini divonis hukuman pidana penjara selama 15 tahun dan denda Rp 500 juta subsider 3 bulan kurungan. Novanto terbukti mengintervensi proses penganggaran serta pengadaan barang dan jasa dalam proyek e-KTP. [MEN]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.