Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Mahfud Cs Ancang-ancang Hadapi Ancaman Karhutla

Selasa, 9 Februari 2021 21:50 WIB
Menkopolhukam Mahfud MD (kiri), bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, saat Rakorsus tingkat Menteri, di Jakarta, Selasa (9/2/2021). (Foto: Humas Kemenkopolhukam)
Menkopolhukam Mahfud MD (kiri), bersama Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, saat Rakorsus tingkat Menteri, di Jakarta, Selasa (9/2/2021). (Foto: Humas Kemenkopolhukam)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutaman menggelar Rapat Koordinasi Khusus (Rakorsus) tingkat Menteri, bersama kementerian dan instansi terkait lain membahas pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla), di Jakarta, Selasa (9/2).

Hadir dalam Rakorsus ini, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Hadi Tjahjanto, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, dan Wakil LHK Alue Dohong. Selain itu, turut hadir secara virtual, sejumlah Kepala Daerah. Rakorsus digelar guna mengevaluasi penanganan karhutla serta menentapkan langkah-langkah persiapan ke depan menghadapi Karhutla tahun 2021.

“Dari pengalaman penanganan karhutla sejak tahun 2015, mengharuskan untuk lebih baik dan sistematis serta melakukan inovasi-inovasi, terobosan, langkah-langkah kebijakan yang mempercepat atau mempermudah upaya pencegahan karhutla,” kata Menkopolhukam Mahfud MD.

Baca juga : Listyo Tawarkan Kebaruan

Mahfud menyampaikan sejak tahun 2016 setiap awal tahun Presiden telah memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Nasional Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan. Adapun pokok-pokok arahannya yaitu pertama prioritaskan pencegahan yakni dengan pola deteksi dini hotspots dan firespots, monitoring rutin dan meningkatkan frekuensi patroli dan pemeriksaan lapangan. Kedua, penataan pengelolaan ekosistem gambut, dengan pengendalian hidrologi. Ketiga, pengendalian dan pemadaman segera setiap titik api yang muncul sehingga tidak menjadi besar. Keempat, penegakan hukum secara tegas bagi pembakar hutan agar memberikan efek jera. Kelima, agar dicari solusi permanen untuk upaya pembakaran hutan dan lahan yang sengaja untuk motif ekonomi.

"Bapak Presiden menekankan pentingnya meningkatkan upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan melalui konsolidasi dalam penanganan karhutla secara menyeluruh oleh seluruh pihak,” tegas Mahfud.

Kebakaran hutan dan lahan tahun 2015 seluas 2,61 juta hektare menjadi pembelajaran yang sangat berharga bagi penanganan karhutla di Indonesia. Kejadian ini merupakan kontrol pembanding kejadian karhutla pada kebakaran tahun berikutnya. Luas kebakaran pada tahun 2020 tercatat 296.942 ha, jauh lebih kecil apabila dibandingkan dengan luas kebakaran hutan dan lahan tahun 2015.

Baca juga : Mendagri Ingatkan Pemda Untuk Proaktif Hadapi Bencana Alam

Selain luas karhutla, transboundary haze (Persetujuan ASEAN tentang Pencemaran Asap Lintas Batas) juga menjadi indikator pemerintah dalam pengendalian karhutla. Pada tahun 2020 tidak terjadi transboudary haze akibat asap karhutla. 

Lima tahun terakhir ini dunia internasional tidak mempersoalkan transboundary haze. Mudah-mudahan hal ini dapat lebih baik lagi,” ungkap Mahfud.

Sementara, Menteri LHK Siti Nurbaya menyampaikan apresiasi kepada seluruh pejabat pusat dan daerah serta masyarakat karena tahun 2020 tidak terjadi bencana asap. Menteri Siti juga mengatakan hal tersebut salah satunya keberhasilan penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).

Baca juga : Satuan Polisi Kehutanan Harus Berani Lawan Perusak Hutan

“TMC ini harus betul-betul kita persiapkan, dan kita harus berhati-hati juga, karena di bulan April-Mei akan menghadapi bulan puasa dan lebaran, serta masih dalam situasi pandemi Covid-19,” tutur Siti.

Terobosan lain yang mendukung keberhasilan pencegahan karhutla, papar Situ, peran Masyarakat Peduli Api (MPA) Paralegal. Menteri Siti menyampaikan konsep ini dapat diintegrasikan dengan Desa Tangguh Bencana dan Desa Mandiri.

Untuk itu, perlu dikembangkan mekanisme kompensasi kebijakan insentifnya bagi daerah melalui Dana Alokasi Khusus,” pungkasnya. [PCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.