Dark/Light Mode

Kapasitas Tempat Tidur Mulai Longgar

Wisma Atlet Bakal Terima OTG Lagi

Rabu, 17 Februari 2021 08:00 WIB
Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. (Foto : ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA).
Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. (Foto : ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA).

 Sebelumnya 
Meski begitu, RSD tetap mengantisipasi kemungkinan lonjakan kasus pasca libur Imlek. “Ini akan kita tunggu dua minggu setelah long week­end. Mudah-mudahan tidak ada peningkatan,” harap Tjahja.

Sebagai informasi, pasien Covid-19 yang dirawat inap di tower 4, 5, 6 dan 7 RSD Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat mencapai 3.284 orang. Bertambah 64 pasien dari data sebe­lumnya masih 3.220 orang.

Baca juga : Atlet Bulutangkis Jadi Prioritas Penerima Vaksin

Data ini disampaikan Perwira penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian melalui keterangan tertulis, kemarin. Dari 3.284 pasien Covid-19 yang dirawat inap, 1.709 di antaranya merupakan pria dan 1.575 wanita.

Dalam acara yang sama, Sekretaris Jenderal Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) dr Lia G Partakusuma mengatakan, ruang Intensive Care Unit (ICU) di rumah sakit rujukan Covid-19, masih penuh.

Baca juga : Wapres Ingatkan, Polisi Tidak Boleh Gagal Kawal Vaksinasi

“Saat ini angkanya, terutama di Pulau Jawa, masih penuh,” ungkap Lia.

Menurut Lia, angka keterisian tempat tidur di rumah sakit seperti di Bekasi dan di Jakarta masih berada di atas 60 persen.

Baca juga : Pemerintah Gaspol Perangi Covid-19, Semoga Lancar

Berbeda dengan keterisian ruang ICU Covid-19, keteri­sian tempat tidur isolasi di RS justru menurun. Hal itu terjadi karena perbandingan jumlah pasien dengan kapasi­tas tempat tidur isolasi mengalami penurunan. “Ada yang sudah di bawah 60 persen,” imbuhnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.