Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kerumunan Saat Jokowi Di NTT

Harap Maklum Saja, Ya!

Kamis, 25 Februari 2021 07:55 WIB
Kerumunan masyarakat yang antusias menyambut kedatangan Presiden Jokowi di NTT, Selasa (23/2). (Foto: Tangkapan layar)
Kerumunan masyarakat yang antusias menyambut kedatangan Presiden Jokowi di NTT, Selasa (23/2). (Foto: Tangkapan layar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerumunan masyarakat yang antusias menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (23/2), jadi diskusi panjang. Banyak pihak dapat memaklumi kerumunan tersebut.

Ada beberapa video yang merekam kerumunan warga NTT saat menyambut kedatangan Jokowi. Salah satunya, berdurasi 30 detik. Video itu memperlihatkan iring-iringan rombongan Kepala Negara tertahan di salah satu ruas jalan Maumere, Kabupaten Sikka, NTT. 

Warga yang antusias menyambut Jokowi tumpah ruah ke tengah jalan dan mendekat ke mobil RI 1. Jokowi kemudian muncul dari sunroof mobil SUV yang ditunggangi. Ia melambaikan tangan ke arah warga, yang disambut tepuk tangan dan teriakan histeris. Jokowi mencoba memperingatkan warga soal jaga jarak dengan memberikan isyarat menunjuk ke mulutnya yang ditutup masker hitam.

Baca juga : Kunjungi NTT, Jokowi Ajak Masyarakat Pakai Masker

Namun, warga yang terlanjur antusias seakan tak menyadari isyarat itu. mereka terus mendekat ke arah Jokowi. Suasana semakin penuh sesak ketika warga rebutan saat Jokowi melemparkan beberapa souvenir ke arah kerumunan. 

Di video lain, kerumunan warga juga terjadi di pinggir ruas jalan yang dilalui Jokowi. Mereka kompak melambai-lambaikan bendera merah putih ketika orang nomor 1 di negara ini lewat. Tapi tidak sampai membuat iring-iringan rombongan presiden tertahan.

Di video selanjutnya, para warga dari berbagai penjuru berlari ke tengah sawah untuk menghampiri Jokowi yang sedang meninjau lokasi food estate. Melihat kondisi ini, para petugas yang mengawal Jokowi sampai kerepotan.

Baca juga : Nama Ibunda Jokowi Diabadikan Di Pesantren Al Mizan Majalengka

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin menerangkan, video yang merekam kerumunan saat kunjungan Presiden itu terjadi di Maumere. Saat itu, rombongan Jokowi menuju Bendungan Napun Gete. Namun, iring-iringan terhenti karena masyarakat yang sudah menunggu Jokowi lewat bergerak dari pinggir ke tengah jalan. Lalu, Jokowi spontan menyapa warga dari atap mobil. 

“Itu spontanitas Presiden untuk menghargai antusiasme masyarakat. Souvenirnya itu buku, kaos, dan masker. Tapi, poinnya, Presiden tetap mengingatkan warga tetap taati protokol kesehatan,” jelas Bey, dalam keterangannya, Selasa (23/2).

Relawan Covid-19 dr Tirta Mandira Hudhi menjadi salah satu pihak yang memaklumi kerumunan ini. Dia melihat, warga tidak diundang atau diajak berkumpul untuk menyambut Jokowi.

Baca juga : Presiden Jokowi Tinjau Vaksinasi Massal Pedagang Pasar

"Semua pure (murni) antusias yang ramai-ramai datang menyambut Presiden. Ini tugas protokoler mengatur keramaian. Dan emang kalah jumlah,” kata dr Tirta, di akun Instagramnya, dr.tirta, kemarin.

Ia juga memaklumi cara Jokowi keluar lewat atap mobil dan menyapa warga. Termasuk iringan mobil yang menahan lajunya. "Satu-satunya cara agar bubar, ya, mau nggak mau Pakde keluar dari atap, dan menyapa dan meminta warga kembali ke rumah masing-masing,” terangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.