Dark/Light Mode

Sri Mulyani 3 Kali Berturut-turut Jadi Menkeu Terbaik Asia Pasifik

Yang Pro Bilang Hebat dan Keren Yang Anti Ungkit Utang dan Asing

Sabtu, 6 April 2019 10:33 WIB
Menteri Keuangan, Sri Mulyani indrawati. (Foto : Istimewa).
Menteri Keuangan, Sri Mulyani indrawati. (Foto : Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - Rakyat Indonesia patut bangga karena punya sosok Menteri Keuangan Sri Mulyani. Untuk ketigakalinya, dia dinobatkan sebagai Menkeu Terbaik di Asia Pasifik versi majalah keuangan Finance Asia pada 2 April 2019.

Tahun 2017 dan 2018, Sri Mulyani juga dinobatkan sebagai Menkeu terbaik seAsia Pasifik. Penilaian itu karena Sri Mulyani berhasil membawa perekonomian Indonesia ke arah yang lebih baik, dengan mencatatkan defisit anggaran terendah dalam enam tahun terakhir pada 2018 (1,7% dari Produk Domestik Bruto).

Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi Kementerian Keuangan, Nufransa Wira Sakti mengatakan, program Amnesti Pajak yang diluncurkan pada tahun 2016-2017, cukup berhasil meningkatkan kepatuhan pajak (tax compliance), yang pada akhirnya berhasil meningkatkan penerimaan perpajakan.

Sri Mulyani juga mengantarkan Indonesia menjadi negara pertama di Asia yang menjual green bonds, surat utang yang digunakan secara spesifik untuk membiayai proyek-proyek untuk iklim dan lingkungan, yang terjual hingga US$ 1,25 miliar.

Baca juga : Top, Sri Mulyani Jadi Menkeu Terbaik Asia Lagi

“Selain itu, di tengah pelemahan nilai tukar seiring perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok, Pemerintah bersama Bank Indonesia juga dinilai berhasil menjaga stabilitas nilai tukar rupiah,” jelasnya.

Gelar menteri keuangan terbaik yang diterima Sri Mulyani menuai keributan di dunia maya. Ada yang memuji Sri Mulyani, ada juga yang nyinyir.

EF Tumbs salah satu yang memberikan jempol kepada Sri Mulyani. “Bukti pemimpin JKW-JK sukses, menterinya diakui dunia, selamat ibu SM, ada juga Ibu Susi, Ibu Retno. Lanjutkan JKW-Maruf,” sanjung dia.

Heri Suparjo bangga mempunyai seorang menteri keuangan yang kinerjanya diakui dunia. Kata dia, pengakuan dari internasional membuktikan kerja dan prestasi Sri Mulyani memang bagus. “Lanjutkan prestasi mu bu Mulyani, demi kemajuan Indonesia,” supportnya.

Baca juga : Dilarikan Ke RS, Rommy Keluhkan Buang Air Berdarah

Begitupun dengan @dsangkuriang yang menegaskan, penilaian dunia kepada Sri Mulyani murni karena kinerja dan prestasinya. Tidak ada embel-embel politik atau kepentingan apapun.

“Orang asing itu kalau melihat prestasi dengan cara pandang yang obyektif, tidak dipolitisir dan tidak ada niatan menjatuhkan dan buka dalam rangka menggiring opini,” dia menegaskan.

Jaya 19 menyambar. Dia menguatkan komentar yang mendukung Sri Mulyani. “Ibu SMI gak minta jadi menteri terbaik tapi dipilih lembaga yang betul-betul mengahargai prestasi orang.”

Prestasi yang didapat Sri Mulyani juga mendapatkan sindiran dari warganet. Bahkan, tokoh sekelas Wakil Ketua DPR, Fadli Zon tak sungkan mengkritiknya.

Baca juga : KPK Pastikan Ada Pejabat Kemenag Yang Bermitra Dengan Rommy

Melalui @ fadlizon, wakil ketua umum Partai Gerindra itu menuding Sri Mulyani sering membuat senang tuannya. “Terbaik di mata asing, bukan di mata rakyat Indonesia. Ia telah membuat tuannya senang makanya diganjar hadiah. Bu, hadiah terbaik adalah dari rakyat, yaitu bisa tersenyum dengan keadaan. Ekonomi sulit rakyat makin menderita,” cuit Fadli.

Tak kalah pedas, Zon DeeKwi @DeeKwi menuding Sri Mulyani tak hanya bertugas sebagai menteri keuangan tetapi juga sales untuk bank dunia, sehingga wajar jika dibuat senang. “Kan kata pak @RamliRizal sales girl nya bank dunia terbaik... menguntungkan Bang Dunia, merugikan negara kayanya,” tuding dia ditimpali Sedayu @Julian303.

“Menguntungkan asing.” Lebih detail, SALAM PERJUANGAN @AdiNurmen membeberkan kenapa Sri Mulyani selalu diganjar menteri terbaik dunia “Ada yang bisa sebutkan kenapa jadi terbaik??? Utang banyak, BUMN rugi, impor naik, ekspor turun, pertumbuhan ekonomi rendah, ekonomi merosot, daya beli rendah, Trus dibilang terbaik????” dia mempertanyakan.

Seirama, Hanaura @Hanaura7 mengaggap wajar Sri Mulyani jadi menteri terbaik. “Ya iyalah terbaik di mata asing, ibarat pembiayaan pzt donk Ade marketingnya, ni ibu Menkeu marketingnya asing,” bebernya. [REN

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.