Dark/Light Mode

Segera Diumumkan, Penyelenggara Negara Yang Sudah Lapor LHKPN

Senin, 8 April 2019 13:29 WIB
Dari kiri ke kanan : Ketua KPU Arief Budiman, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Petinggi KPU Evi Novida Ginting.(Foto: Oktavian Surya Dewangga/Rakyat Merdeka).
Dari kiri ke kanan : Ketua KPU Arief Budiman, Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Petinggi KPU Evi Novida Ginting.(Foto: Oktavian Surya Dewangga/Rakyat Merdeka).

RM.id  Rakyat Merdeka - Terima Kedatangan Pejabat KPU KPK Bakal Beberkan Nama 18.353 Penyelenggara Negara Yang Sudah Lapor LHKPN Petinggi komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Gedung Merah Putih, Jl. Kuningan Persada, Senin (8/4) pagi.

Keempat petinggi KPU itu, Ketua KPU Arief Budiman serta tiga komisioner yakni Pramono Unaid Tanthowi, Ilham Saputera dan Evi Novida Ginting, diterima oleh Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan dan Direktur LHKPN KPK Isnaini.

Baca juga : Menteri Desa Klaim Tata Kelola Duit Desa Sudah Baik

“KPK telah menerima Ketua KPU bersama 3 komisioner lainnya untuk membicarakan lebih lanjut kerjasama yang dapat dilakukan untuk mewujudkan Pemilu yang Berintegritas,” ungkap Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Salah satunya dukungan KPK untuk mewujudkannya, melalui pelaksanaan tugas pencegahan korupsi, yaitu pelaporan LHKPN di sektor legislatif. Kegiatan hari ini merupakan rangkaian dari program politik berintegritas KPK dan perwujudan slogan “Pilih yang Jujur”.

Baca juga : Kemenpora Dukung Penyelenggaraan DXI 2019

“Ini kami harap dapat menjadi ikhtiar bersama menjaga proses Pemilu 2019 agar lebih berpeluang menghasilkan pemimpin-pemimpin yang berintegritras,” tutur Febri.

Setelah pertemuan ini, KPK bersama KPU akan mengumumman secra resmi nama-nama anggota DPR, DPD dan DPRD yang telah melaporkan LHKPN secara tepat waktu, melaporkan terlambat dan belum melaporkan sama sekali untuk pelaporan periodik 2018 yang dilaporkan pada rentang waktu 1 Januari-31 Maret 2019.

Baca juga : Inilah 27 Institusi Yang Sudah 100 Persen Lapor LHKPN

“Total nama yang akan diumumkan adalah sekitar 18.353 orang Penyelenggara Negara. Diharapkan Informasi ini dapat membantu masyarakat untuk memilih pada 17 April 2019 nanti,” harap eks aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW) itu. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.