Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Anak Muda Lebih Pilih Anies Dan Ganjar

Prabowo Capresnya Orang Tua

Senin, 22 Maret 2021 06:25 WIB
Prabowo Subianto. (Foto: Setkab RI)
Prabowo Subianto. (Foto: Setkab RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Prabowo Subianto yang selama ini selalu menjuarai survei capres 2024 langsung rontok saat survei tersebut disodorkan ke anak-anak muda. Bagi anak muda, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo adalah capres ideal yang dianggap bisa menggantikan Jokowi.

Kesimpulan tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi PhD, saat merilis hasil survei bertajuk “Suara Anak Muda Terkait Isu-isu Sosial, Politik dan Bangsa”, yang dipaparkan secara virtual, kemarin. Dalam acara tersebut, hadir sejumlah narasumber antara lain, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dan Waketum Gerindra Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

Burhan menerangkan, survei kali ini berbeda dari survei yang dilakukan sebelum-sebelumnya. Responden survei kali ini bukan kalangan umum, tapi menyasar anak muda. Lebih spesifik lagi anak muda yang lahir pasca Orde Baru yang berusia 17-21 tahun atau biasa disebut Generasi Z.

Baca juga : Susi Maunya Berondong

Total ada 1.200 responden yang ditanyai lewat telepon pada Maret 2021. Metode survei menggunakan simple random sampling, dengan toleransi kesalahan sekitar lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei ini ingin mendengar suara anak muda tentang berbagai isu sosial, politik dan kebangsaan. Karena itu, berbagai isu ditanyakan. Mulai dari kondisi ekonomi serta masalah yang paling mendesak untuk diselesaikan, penanganan Covid-19, Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik, serta banyak isu lainnya.

Namun, yang paling menarik, ketika responden milenial ini ditanya soal capres pilihan. Dari 17 nama yang muncul, Gubernur DKI, Anies Baswedan berada di posisi pertama dengan meraih 15,2 persen. Di posisi kedua dan ketiga, ditempati Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dengan 13,7 persen dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendapat 10,2 persen.

Baca juga : Myanmar Tahan Lebih Dari 1.700 Penentang Kudeta

Selanjutnya, Sandiaga Uno di urutan keempat dengan 9,8 persen. Sedangkan Prabowo yang dalam survei kalangan umum selalu nangkring di posisi atas itu, dalam survei kali ini melorot di posisi lima dengan 9,8 persen. Di posisi enam ada Agus Harimurti Yudhoyono dengan 4,3 persen.

Sisanya, masing-masing mendapat pilihan di bawah 2 persen, seperti Tito Karnavian, Puan Maharani, Erick Thohir, Gatot Nurmantyo, dan Khofifah Indar Parawansa. Ada juga nama Budi Gunawan, Mahfud MD dan di posisi paling buncit ada Muhaimin Iskandar. Sedangkan 30 responden lainnya, belum menentukan pilihan.

Burhan menjelaskan, dari 17 nama tersebut memang belum ada yang dominan. Anies dan Ganjar misalnya, raihannya tidak berbeda secara siginifikan atau masih dalam ambang margin of error. “Akan tetapi, di antara 17 nama yang paling tinggi secara absolut itu Anies, di angka 15,2 persen,” terang Burhan.

Baca juga : Demokrasi Bisa Jalan Mundur

Dari survei ini ditemukan responden yang memilih Anies adalah mereka yang memilih Prabowo-Sandi dalam pilpres 2019. Sementara mereka yang memilih Jokowi pada pilpres lalu, menyebar ke sejumlah nama. Jika dibedah berdasarkan sosiodemografi, lanjut Burhan, masing-masing nama memiliki kekuatan masing-masing berdasarkan tempat, gender, usia, dan etnis.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.