Dark/Light Mode

Kecepatan Mutasi Virus Bukan Halangan

Eijkman Punya Teknologi Yahud Kembangin Vaksin Merah Putih

Rabu, 7 April 2021 22:45 WIB
Amin Subandrio (Foto: Ist)
Amin Subandrio (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga Biologi Molekuler Eijkman menyatakan, mutasi virus corona penyebab Covid-19 menjadi tantangan dalam pengembangan Vaksin Merah Putih. "Iya memang begitu sifatnya, vaksin apapun itu selalu begitu. Apalagi virus, mutasinya lebih cepat. Kalau bakteri-bakteri itu tidak terlalu cepat mutasinya," kata Kepala Lembaga Eijkman Amin Soebandrio di Jakarta, Rabu.

Sebagaimana diketahui, Eijkman mengembangkan Vaksin Merah Putih dengan platform subunit protein rekombinan. Amin melanjutkan, pihaknya selalu mengumpulkan informasi terkini tentang mutasi-mutasi terbaru dari virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Baca juga : Wahai Netizen, Jangan Bikin Malu Merah Putih

Menurut Amin, pengembangan vaksin dan surveilans molekuler merupakan satu paket kegiatan di Eijkman. "Kami sudah punya teknologinya untuk melakukan surveilans walaupun tidak semasif sekarang," tuturnya.

Menurut Amin,  dalam mengembangkan vaksin, ada dua hal yang perlu dikembangkan, yakni surveilans molekuler untuk memastikan bahwa vaksinnya efektif untuk mengeliminasi virus yang bersirkulasi saat ini, sehingga harus dipantau terus. Dan mengembangkan teknologi untuk mengukur kekebalan tubuh.

Baca juga : Nadiem: Guru Kelar Divaksin, Sekolah Wajib Buka Opsi Tatap Muka

Dengan mengukur kadar antibodi, maka dapat dipantau apakah vaksin berhasil menciptakan imunitas dalam tubuh. Saat ini sudah terjadi beberapa mutasi pada virus corona penyebab Covid-19. Namun belum sampai berdampak signifikan dan mengganggu kinerja vaksin, seperti varian baru Corona penyebab Covid-19 asal Inggris (B 117), Afrika Selatan (B.1.351) dan Brasil (B.1.1.28). [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.