Dark/Light Mode

Kerja Sama Atasi Pandemi Corona

Menkes BGS Dan Menlu Inggris Sehati

Kamis, 8 April 2021 07:40 WIB
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin (kiri) melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab. Keduanya membahas tentang upaya penanganan pandemi Covid-19. (Foto : Istimewa).
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin (kiri) melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab. Keduanya membahas tentang upaya penanganan pandemi Covid-19. (Foto : Istimewa).

 Sebelumnya 
Dalam pertemuan tersebut, keduanya juga bersama-sama menyerukan agar pandemi ini menjadi pelajaran untuk semua negara bersiap melawan pan­demi berikutnya.

Sementara, Dominic Raab menyatakan, saat ini diper­lukan upaya bersama untuk menghadapi pandemi berikut­nya. “Baik Inggris maupun Indonesia telah menekankan betapa pentingnya hal ini,” tegas Raab.

Bersama Budi Gunadi, Raab juga membahas kerja sama bilateral yang kuat di sektor kesehatan antara Inggris dan Indonesia. Kerja sama diper­luas hingga mencakup Inggris yang mendukung kemampuan pengurutan genom Indonesia melalui pelatihan dan teknologi informasi.

Baca juga : Jangan Ngaku Paling NKRI Deh Kalau Masih Lepas Masker Di Tempat Umum

Institut Eijkman sudah memiliki hubungan dengan Universitas Oxford dan ada potensi kerja sama lebih banyak lagi.

Perjanjian kerja sama yang ditandatangani tahun lalu te­lah meningkatkan kerja sama antara Inggris dan Indonesia di bidang telemedicine. Sektor ini menjadi lebih bermanfaat selama pandemi.

Raab mengatakan, untuk mengalahkan pandemi dibu­tuhkan upaya global berupa inovasi, kemitraan dengan determinasi. Inggris sudah memimpin hal tersebut.

Baca juga : Ada Yang Dukung, Ada Juga Yang Khawatir Kena Corona

“Inggris telah berkomit­men memberikan 1,3 miliar poundsterling (setara Rp 26 triliun) untuk mengakhiri pan­demi ini sesegera mungkin,” bebernya.

Inggris juga menggelon­torkan 829 juta poundsterling (setara Rp 16,5 triliun) untuk pengembangan dan pendis­tribusian vaksin-vaksin baru, hingga untuk alat tes dan treat­ment.

“Itu termasuk donasi senilai 548 juta poundsterling (setara Rp 11 triliun) untuk inisiatif COVAX, yang diketuai bersama (Co-Chair) Menlu Indonesia Retno Marsudi yang saat ini mendistribusikan vaksin guna menyelamatkan Indonesia,” terangnya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.