Dark/Light Mode

Mutasi Corona Menyebar Ke Semua Provinsi

Perkuat 3M Dan Jangan Mudik

Sabtu, 24 April 2021 05:24 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Marji - Medcom).
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Marji - Medcom).

 Sebelumnya 
SyaripH78320748 meminta masyarakat tetap di rumah saja dan selalu disiplin prokes. Pencegahan paparan virus Corona harus dilaku­kan secara proaktif, baik secara sendiri, keluarga dan lingkungan sekitar. “Jangan berkerumun, jangan melakukan yang tidak perlu, sehingga penularan Covid-19 bisa dicegah dengan baik. Mutasi pun bisa dicegah,” kata dia.

DilaniMaryam memilih tetap di rumah diband­ing keluar hanya untuk bertemu teman. Dia meng­ingatkan, mutasi Covid yang sudah menyebar ke seluruh Tanah Air lebih menular dibanding varian-varian virus Corona sebelumnya. “Ya... gue sih nggak mau lagi nyusahin sekitar kalo sampe sakit gegara ulah sendiri,” katanya.

Catetajaa mengatakan, pemerintah bisa mencegah penyebaran mutasi Covid-19 di Indonesia dengan penguatan 3M, prokes dan deteksi dini dengan penguatan testing. Dia juga meminta masyarakat mematuhi prokes, meski sudah divaksin.

Baca juga : Yakinlah, Habis Gelap Pandemi Akan Terbitlah Terang

“Karena Covid-19 ini belum berakhir dan malah muncul mutasi virus yang baru. Itu berarti kita masih belum boleh lengah untuk selalu bisa menjaga kesehatan,” sambung melfeyadin.

Aku 9Rudal mengatakan, vaksin teruji ampuh menghadapi Covid-19. Termasuk mutasi virus Corona. Dia mengajak masyarakat mendukung vaksin Covid-19, terutama untuk melawan mutasi B117 yang menyebar cepat. “Jangan mudik. Ramadan sehat,” kata 9Rudal.

“Vaksin Covid-19 efektif cegah penularan virus mutasi baru,” sambung dimars525.

Baca juga : Sudah Deh, Lebaran Di Rumah Aja

Sedangkan akun BukanSiZonkie meminta pemerintah menyetop penerbangan dari India untuk sementara guna mengantisipasi penye­baran mutasi Covid-19. Dia juga mendesak pemerintah benar-benar waspada, jangan sam­pai mutasi Covid ini meledak di Indonesia. “Akan fatal sekali bila tidak diantisipasi dari awal,” katanya.

Akun Indri36062636 juga mengaku geregetan dengan kelakuan pemerintah yang tetap mem­perbolehkan WNA India, atau WNI yang habis bepergian dari India, masuk Indonesia. Padahal di India sedang terjadi gelombang kedua Covid-19.

“Kalau ke masyarakat (sendiri) bisa tegas, kenapa ke WNA tidak bisa, Pak? Kami mau aman dari Covid. Jangan bolehin WNA masuk,” ujar Indri36062636.

Baca juga : Tuh kan, Naik Lagi Kasus Covid-19

RezkiSobri mengatakan, mutasi Covid-19 bisa memberikan masalah besar bagi bangsa Indonesia jika tidak diantisipasi sesegera mung­kin. Risiko itu tidak bisa kita anggap remeh, seperti terlihat dari kasus varian mutasi yang sedang terjadi di India. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.