Dark/Light Mode

Saat Haid Boleh Divaksin Covid-19 Kok

Senin, 26 April 2021 07:10 WIB
Akun Indonesiabaik.id mengunggah meme yang mengungkap beberapa alasan yang memperbole­hkan perempuan haid boleh disuntik vaksin Covid-19. (Foto : Instagram @Indonesiabaik.id).
Akun Indonesiabaik.id mengunggah meme yang mengungkap beberapa alasan yang memperbole­hkan perempuan haid boleh disuntik vaksin Covid-19. (Foto : Instagram @Indonesiabaik.id).

RM.id  Rakyat Merdeka - Sebagian perempuan biasanya merasakan tidak enak badan saat haid, dengan gejala lemas, sakit kepala, perut nyeri, kram dan lain­nya. Meski begitu, perempuan yang sedang menstruasi boleh divaksinasi Covid-19.

Akun Indonesiabaik.id mengunggah meme yang mengungkap beberapa alasan yang memperbole­hkan perempuan haid boleh disuntik vaksin Covid-19. Seperti, suhu tidak lebih dari 37,5 derajat Celcius dan keluhan terkait haid biasanya hanya berlangsung pada hari pertama hingga ketiga.

Namun, juga terdapat beberapa hal yang boleh dan tidak boleh di­lakukan setelah vaksinasi. Seperti boleh minum Paracetamol jika demam, menggigil, atau pegal-pegal setelah vaksinasi. Lalu hindari menekan, memijat, atau menggosok lokasi bekas suntikan.

Baca juga : Perketat Protokol Kesehatan Prioritaskan Vaksinasi Lansia

“Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, vaksin tetap bisa dilaksanakan meskipun seseorang sedang datang bulan. Namun jika terdapat keluhan lain, maka vaksinasi bisa ditunda,” ujar akun indonesiabaik.id.

Akun rasty.u lalu mengungkap pengalamannya ikut vaksinasi Covid-19 ketika sedang datang bu­lan hari ke-3. “Alhamdulillah aman, efek yang dirasakan hanya ngantuk saja. Pulang vaksin tidur sampai 13 jam,” ungkapnya.

Hal senada dirasakan MIEGORENGYUM. Dia mengaku hanya pegal dan mengantuk yang berlebih setelah divaksin Covid-19 dalam kondisi haid. “Nggak masalah sih kayaknya,” ujarnya.

Baca juga : 12 WN India Positif Covid Jalani Isolasi Di Hotel Hariston

Sementara akun apasichell mengaku merasakan nyeri yang berlipat setelah divaksin Covid-19 dalam kondisi haid. “Habis vaksin nyeri, ditambah nyeri haid, hmm... rasanya ahh, mantaps,” katanya.

“Suntik vaksin pas lagi haid, luar biasa sekali nih badan,” ujar Ikafifii. “Efek vaksin dan nyeri haid jadi satu. Hmmm mantab,” sambung indomiemu lagi.

“Divaksin dan ditambah haid hari pertama. Meriang nggak tuh, perut sakit, lemes, ngantuk tapi nggak bisa merem. Pengen nangis aja rasanya,” ujar dfianaaaa.

Baca juga : Yuk, Indonesia Tetap Waspada Dan Tak Jumawa

Akun hellomunidisini bercerita, ikut vaksinasi Covid-19 di hari pertama haid membuatnya tidak nyaman. Kata dia, vaksin di hari pertama haid, ditambah panas me­nyengat, sangat luar biasa. “Untung kagak pingsan di jalan,” kata dia.

Sedangkan akun dearyuilov me­nyarankan perempuan haid menunda ikut vaksinasi Covid-19. Kecuali, kata dia, meskipun lagi haid, kondisi badan baik-baik saja dan tidak lemes, baru boleh suntik vaksin Covid-19. “Kalau kondisinya tidak enak, mend­ing ditunda vaksinasinya. Takutnya, lagi haid imunnya juga lagi kurang bagus,” tuturnya. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.