Dark/Light Mode

Alhamdulillah, Wali Kota Surabaya Kasih Beasiswa Sampai Kuliah, Untuk Anak Awak KRI Nanggala-402

Senin, 26 April 2021 11:11 WIB
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, mengunjungi rumah salah satu awak KRI Nanggala-402, yang gugur saat bertugas di perairan utara Bali. (Foto: ANTARA)
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, mengunjungi rumah salah satu awak KRI Nanggala-402, yang gugur saat bertugas di perairan utara Bali. (Foto: ANTARA)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota Surabaya menyiapkan beasiswa pendidikan hingga jenjang kuliah, untuk seluruh anak dari awak kapal selam KRI Nanggala-402 warga Surabaya, yang dinyatakan gugur saat bertugas.

"Atas nama Pemkot Surabaya, kami menyampaikan rasa duka yang sedalam-dalamnya. Ini duka bagi Surabaya, duka bagi Indonesia. Semoga para awak KRI Nanggala-402 mendapat tempat termulia di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi di Surabaya, Senin (26/4).

Di mata Eri, para awak kapal tersebut adalah patriot bangsa dan penjaga kedaulatan negeri.

Baca juga : Panglima TNI Usulkan Kenaikan Pangkat Untuk 53 ABK KRI Nanggala 402

Karena itu, jika pihak keluarga berkenan, Pemkot Surabaya menyiapkan beasiswa sampai jenjang kuliah untuk anak dari awak KRI Nanggala-402.

"Beasiswa adalah bentuk penghargaan dari Pemkot Surabaya. Meski ini tak sebanding dengan pengabdian beliau-beliau, yang teguh hingga akhir menjaga laut kita," kata mantan Kepala Bappeko Surabaya itu.

Pada Minggu (25/4), Eri sendiri juga telah mengunjungi para keluarga awak KRI Nanggala 402 yang tinggal di sejumlah kecamatan, antara lain, Wonokromo, Semampir, Kenjeran, Tambak Sari, Bulak Sukolilo, dan Karang Pilang.

Baca juga : Hilang Di Bali, PKS Doakan Keselamatan Awak KRI Nanggala-402

"Jika tidak salah, ada sekitar 9 awak KRI Nanggala-402 yang tinggal dan ber-KTP Surabaya. Akan terus kami update. Sejak pagi hingga sore, saya sudah berkeliling mengunjungi para keluarga, berdoa bersama, memberikan semangat, bersama-sama kita melewati masa sulit ini," ujar Eri.

Eri mengatakan, para awak KRI Nanggala 402 adalah teladan bagi generasi muda Surabaya. Mereka menunjukkan dedikasi dan pengabdian tanpa batas, untuk bangsa hingga mengorbankan jiwa dan raga.

"Keteladanan seperti itu harus kita contoh," kata Eri.

Baca juga : Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi Akan Perkuat Peran Anak Muda Dan Ekonomi Kreatif

Pemkot Surabaya juga melakukan pendampingan kepada para keluarga korban, termasuk menyiapkan psikolog.

"Semuanya kami lakukan dengan tidak mengurangi privasi keluarga. Memang, ada keluarga yang belum berkenan menerima siapa pun. Tapi, Pemkot Surabaya siap total melayani seluruh keluarga awak kapal," kata Eri.

Pemkot Surabaya juga akan menggelar doa bersama untuk para awak KRI Nanggala-402 bersama para santri dan kiai, serta tokoh lintas agama. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.