Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pesan Ketua Satgas Covid-19

Sedikit Saja Lengah, Corona Bakal Mudah Cepat Menyebar

Sabtu, 8 Mei 2021 05:16 WIB
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen Doni Monardo. (Foto: Dokumentasi Humas Setkab)
Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen Doni Monardo. (Foto: Dokumentasi Humas Setkab)

 Sebelumnya 
Akun @yulitasarii_ menimpali. Dia bilang, kasus positif Covid-19 per harinya sudah se­makin menurun. Karena itu, dia khawatir den­gan libur Lebaran, di mana banyak masyarakat yang mudik, justru akan membuat kasus Covid- 19 melonjak naik.

“Lebaran tahun kemarin sudah cukup jadi pelajaran untuk kita semua. Jangan sampai kita melakukan kesalahan yang sama,” kata dia mengingatkan.

Akun @adamnlaksana meminta masyarakat belajar dari India, di mana mayat-mayat korban Covid-19 bergelimpangan, akibat berkerumun di acara tahunan mereka. Kata dia, setiap usai libur panjang, Covid-19 selalu naik.

Baca juga : Awas, ASN Yang Ketahuan Mudik Bakal Dilaporin

“Apakah kita mau ulangi lagi?” tanya @adamnlaksana.

Akun @RBonafida juga mengingatkan, pengalaman 2020 cukuplah jadi pelajaran. Dengan 4 x libur panjang tahun lalu, lonjakan kasus Covid-19 naik drastis. “Dua bulan tera­khir di tahun 2021, angka kesembuhan cukup baik dan di atas rata-rata dunia. Kita harus jaga momen itu untuk tidak mudik dulu,” kata dia.

Arif Jumali Rais menyambung. Dia mengenang, Januari sebagai bulan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 dahsyat di Tanah Air. Saat itu, rumah sakit dan tempat isolasi mandiri penuh. “Itu terjadi akibat kerumunan libur panjang akhir Desember. Semoga kita sadar dan masyarakat sehat dan dilindungi-Nya,” harap dia.

Baca juga : Masyarakat Harus Laporkan Kasus Pelanggaran Prokes

“Akibat libur panjang, rumah sakit kebanjiran pasien Covid-19. Ruang isolasi penuh. Ruang rawat umum dijadikan ruang isolasi,” kenang Bocahnom.

Untuk kondisi saat ini, @IndonesiaRahayu mengklaim, angka Covid-19 terus menurun. Namun, kata dia, jangan sampai libur panjang Lebaran menjadikan angka Covid kembali naik. “Tetap disiplin prokes dan ikut vaksinasi. Kombinasi ini adalah perlawanan jitu melawan Covid,” tandasnya.

Nusantara01 mengatakan, berdasarkan data @KemenkesRI, tercatat tren peningkatan pasien rawat inap akibat Covid-19 di rumah sakit mencapai angka 1,28 persen dalam 30 hari terakhir. Fakta tersebut, kata dia, harus menjadi peringatan bagi semua pihak.

Baca juga : Corona Ditekan, Ekonomi Bangkit

“Belajar dari pengalaman, setiap libur pan­jang terjadi lonjakan kasus positif Covid-19,” tandasnya. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.