Dark/Light Mode

Nih, Tips Belanja Aman Dari Covid

Senin, 10 Mei 2021 06:17 WIB
Tips Aman Belanja di Mall Selama New Normal, Virus Jauh-Jauh Deh!. (Foto : Shutterstock)
Tips Aman Belanja di Mall Selama New Normal, Virus Jauh-Jauh Deh!. (Foto : Shutterstock)

 Sebelumnya 
Bagi konsumen, selain harus melindungi diri dari Covid-19, juga penting memilih mall atau pusat perbelanjaan yang mengikuti standar prokes.

Tutum membeberkan ciri mall atau pusat perbelanjaan yang tidak menerapkan prokes. Pertama, tidak ada petugas yang mengecek suhu tubuh sebelum masuk mall.

Kedua, tidak ada area men­cuci tangan, minimal dise­diakan hand sanitizer. Ketiga, para pegawainya tidak meng­gunakan masker.

Baca juga : Telanjur Mudik, Gimana Caranya Minimalkan Risiko Covid?

“Kalau ada toko atau pelaku usaha yang tidak menerapkan prokes, jangan masuk ke situ. Biar itu menjadi hukuman bagi pihak yang tidak menerapkan prokes,” tegasnya.

Jangan Datangi Mall Yang Rame

Epidemiolog dari Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko Wahyono mengingatkan, masyarakat tidak sembarangan masuk mall. Pasalnya, penu­laran Covid-19 itu melalui transmisi.

Baca juga : Menteri Airlangga Apresiasi Dedikasi TNI Cegah Covid-19

Untuk menghindari penularan, jangan coba-coba berpergian ke tempat perbelanjaan yang ramai dipadati konsumen.

“Jika tetap ingin berbelanja, pilih waktu-waktu tertentu. Misalnya, berangkat lebih pagi saat baru dibuka atau jelang mall ditutup. Kalau ramai ya pulang saja,” kata Miko kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Pria lulusan University of Philippine ini menjelaskan, pertimbangan utama dalam berbelanja pada kondisi pandemi adalah kesehatan. Jangan mudah terdorong mendatangi mall yang selalu ramai. Dengan menda­tangi mall yang sepi, potensi penularan Corona lebih kecil.

Baca juga : Shakira, Soroti Pelanggaran HAM Di Kolombia

“Masih ada kok beberapa pusat perbelanjaan atau ritel yang luas dan tidak begitu penuh orang. Saya juga sudah berbe­lanja tapi di mall yang sepi dan terapkan prokes,” aku Miko.

Miko juga berpesan, sebelum berangkat, pastikan memakai masker bersih dan membawa hand sanitizer. Sesampainya di area berbelanja disarankan tidak berlama-lama, meski berada di dalam mall yang tak begitu ramai pengunjung. [TIM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.