Dark/Light Mode

Pemerintah Daerah Harus Sigap Tangani Arus Balik

Kamis, 20 Mei 2021 08:05 WIB
Antisipasi Arus Balik Pasca Mudik 2021. (Foto : Instagram @Lawancovid19_id).
Antisipasi Arus Balik Pasca Mudik 2021. (Foto : Instagram @Lawancovid19_id).

 Sebelumnya 
Kencringan1 mengatakan, dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) sangat diperlukan agar penerapan random test dan mandatory check berjalan lancar. Kata dia, Pemda harus sigap antisipasi perjalanan arus balik.

“Jangan lengah. Bergotong royong yuk cegah penyebaran virus,” ajaknya.

Baca juga : Vaksin Merah Putih Sudah Ditunggu-tunggu Masyarakat

Menurut DitoKolo, koordinasi antara pemerin­tah pusat dan daerah menjadi kunci keberhasilan kebijakan tersebut. Dia bilang, antisipasi arus balik yang sangat besar dari Sumatera ke Jawa perlu koordinasi yang intensif.

“Pemerintah pusat dan daerah harus tetap waspada angka kenaikan positivity rate. Mandatory check antisipasi arus balik dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa. Pastikan tetap sehat semuanya,” ujar rohtaxi.

Baca juga : Jokowi Akui Sulit Dapatkan Vaksin

Kristiadi_ade mengatakan, antisipasi arus balik dengan melakukan random test dan man­datory check harus dimaksimalkan. Supaya, penyebaran Covid-19 tidak kembali meluas.

“Silakan tunjukkan hasil tes Covid-19 negatif di tiap pintu tol masuk Jakarta,” katanya.

Baca juga : Yasonna Perintahkan Anak Buah Perketat Pintu Keluar Masuk

Cintatakpudar menilai, penerapan ran­dom test dan mandatory check menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam menangani dan menurunkan kasus Covid-19 selama libur Lebaran dan arus balik. Dia menilai, aturan tersebut sangat baik. [ASI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.