Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Garuda Tawarkan Pensiun Dini Karyawan

Asosiasi Pilot Memaklumi, Cuma Minta Tak Ada PHK

Senin, 24 Mei 2021 05:31 WIB
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menawarkan program pensiun dini kepada karyawan sebagai upaya perseroan bertahan di tengah pandemi. (Foto :PASCAL PAVANI / AFP).
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menawarkan program pensiun dini kepada karyawan sebagai upaya perseroan bertahan di tengah pandemi. (Foto :PASCAL PAVANI / AFP).

RM.id  Rakyat Merdeka - Manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menawarkan program pensiun dini bagi seluruh karyawannya. Langkah ini terpaksa ditempuh demi meringankan beban operasional perseroan.

Diakui Direktur Utama Garuda Irfan Setiaputra, saat ini manajemen dalam tahap awal penawaran program pensiun yang dipercepat. Mulai dari awak kabin hingga staf yang memenuhi kriteria dan persyaratan tertentu, diperbolehkan ikut dalam program tersebut.

Menurut Irfan, penawaran program ini dilakukan sejalan dengan upaya pemulihan ki­nerja usaha yang tengah di­jalankan. Juga untuk menjadikan Garuda sebagai perusahaan yang lebih sehat serta adaptif men­jawab tantangan kinerja usaha di era kenormalan baru.

Baca juga : Bangun SDM, Dewan Pendidikan Dukung Transformasi IAKN Ke Untara

“Ini langkah berat yang harus ditempuh perusahaan. Namun opsi ini harus kami ambil, untuk bertahan di tengah ketidakpas­tian situasi pemulihan kinerja industri penerbangan yang belum menunjukkan titik terang di masa pandemi ini,” jelas Irfan dalam keterangan persnya, Jumat (21/5).

Menurut dia, situasi ini meng­haruskan perusahaan melakukan langkah penyesuaian aspek sup­ply and demand, di tengah penurunan kinerja operasi imbas anjloknya trafik penerbangan yang terjadi signifikan.

“Kami sampaikan program pensiun dipercepat ini ditawar­kan secara sukarela, terhadap karyawan yang telah memenuhi kriteria,” tuturnya.

Baca juga : Pasokan Vaksin Datang Lagi, Menlu Retno Minta Masyarakat Tetap Jaga Prokes

Kebijakan ini pun dinilai men­jadi penawaran terbaik, yang dapat diupayakan terhadap karyawan di tengah kondisi seperti sekarang. Tentunya, keputusan tersebut senantiasa mengedepankan kepentingan bersama seluruh pihak. Dalam hal ini karyawan maupun perusahaan.

Irfan menegaskan, perse­roan memastikan seluruh hak pegawai yang akan mengambil program tersebut dipenuhi sesuai dengan ketentuan perundangan-undangan. Serta kebijakan perjan­jian kerja yang disepakati antara karyawan dan perusahaan.

Melalui program pensiun yang dipercepat, pihaknya berupaya memberikan kesempatan kepada karyawan. Terutama yang ingin merencanakan masa pensiun sebaik mungkin.

Baca juga : Nataru, Trafik Penumpang Di Bandara Angkasa Pura I Tembus 1,4 juta Penumpang

“Khususnya bagi mereka yang memiliki prioritas lain di luar pekerjaan, maupun peluang karier lain di luar perusahaan,” imbuh Irfan.

Menanggapi ini, Presiden Aso­siasi Pilot Garuda (APG) Muzaeni mengatakan, penawaran tersebut sudah diketahui oleh seluruh anggota APG. Pensiun dini pun berlaku bagi semua karyawan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.