Dark/Light Mode

Pensiun Jadi Kepala BNPB

Doni Banjir Pujian

Kamis, 27 Mei 2021 07:10 WIB
Kepala BNPB yang baru, Letjen TNI Ganip Warsito (kiri) bersama istri dan Letjen TNI Doni Monardo (kanan) saat foto bersama seusai serah terima jabatan di ruang aula Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (25/5/2021). (Foto: Humas BNPB)
Kepala BNPB yang baru, Letjen TNI Ganip Warsito (kiri) bersama istri dan Letjen TNI Doni Monardo (kanan) saat foto bersama seusai serah terima jabatan di ruang aula Sutopo Purwo Nugroho, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (25/5/2021). (Foto: Humas BNPB)

 Sebelumnya 
“Hal ini mungkin tidak dimiliki oleh negara lain. Kolaborasi pentahelixlah yang menjadi kekuatan BNPB,” sebutnya.

Selain itu, Doni mengungkap, istrinya sudah menunggu di rumah setelah pensiun dari orang nomor satu di BNPB. Istri Doni yang bernama Santi Ariviani selalu bertanya kepadanya kapan suaminya itu harus istirahat di rumah. “Saya mohon diri bersama keluarga, ini istri sudah menunggu kapan suaminya harus istirahat di rumah,” canda Doni.

Pria berusia 58 tahun itu pun berkelakar belum merasakan malam pertama di rumah sejak Indonesia dilanda pandemi. “Malam ini adalah malam pertama, bukan malam pertama karena habis apa namanya, malam pertama setelah satu tahun lebih saya harus bermalam dan menginap di kantor,” cetusnya.

Baca juga : Sandi Happy Munas Kadin Digelar Di Bali

Doni resmi menjabat sebagai Kepala BNPB pada 9 Januari 2019. Beberapa bulan menjabat, tugas Doni bertambah ketika Indonesia dilanda pandemi Covid-19. Selain sebagai Kepala BNPB, Doni merangkap jabatan sebagai Ketua Satgas Covid-19.

Dalam kesibukannya memimpin perang melawan Covid-19, konsentrasi Doni harus terpecah oleh berbagai bencana alam yang terjadi sepanjang 2020 hingga Mei 2021. Tak heran, Doni harus bolak-balik Jakarta dan daerah yang tertimpa bencana.

Atas dedikasi yang luar biasa itu, pensiunnya Doni tentu membawa kehilangan bagi banyak orang. Di media sosial, berbagai pujian atas kerja keras Doni dicuitkan banyak kalangan.

Baca juga : Hobi Jajan? Waspada 3 Jenis Bahan Berbahaya Pada Pangan

Pujian pertama disampaikan Menko Polhukam, Mahfud MD. Dalam akun Twitter miliknya, Mahfud menilai Doni sosok jenderal pekerja keras dan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya.

“Dia ini pekerja keras yang sangat berdedikasi. 1,5 tahun kami bekerjasama di kabinet dengan penuh kesan dan hangatnya persahabatan. Pengganti Pak Doni, Letjen Ganip Warsito juga salah seorang TNI terbaik yang bisa diandalkan,” cuit Mahfud di akun @mohmafudmd.

Kepala Badan Metereologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati juga menyampaikan apresiasi atas kinerja Doni. “Terima Kasih kepada Bp Letjen TNI DR. (HC) Doni Monardo, Kepala BNPB periode 2019-2021, atas bakti terhadap Penanggulangan Bencana,” cuitnya lewat @dwikora_rita.

Baca juga : Pengelola Pariwisata Harap Munas Kadin Tetap Digelar Di Bali

Bukan hanya dari lembaga dan unsur pemerintah, Said Didu, tokoh yang selama ini sering ‘nyerang’ pemerintah, juga ikut menyampaikan apresiasi. ‘Terima kasih kepada Letjen TNI Dr. (HC) Doni Monardo atas pengabdiannya sebagai Kapala BNPB dengan prestasi yang gemilang,” cuit Didu di akun Twitter pribadinya, @msaid_didu. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.