Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Epidemiolog: Pancasila Modal Besar Hadapi Pandemi

Selasa, 1 Juni 2021 20:43 WIB
Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman. (Foto: Ist)
Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman turut mengucapkan selamat Hari Lahir Pancasila 01 Juni. Menurut Dicky, sebuah anugerah bagi bangsa Indonesia memiliki Pancasila.

"Anugerah besar kita memiliki falsafah yang begitu luhur, yang bisa menyatukan kita, terutama dalam kondisi pandemi Covid-19 ini," kata Dicky dalam pernyataan video yang diterima RM.id, Selasa (1/6).

Kata Dicky, setiap nilai dari seluruh sila dalam Pancasila adalah modal besar untuk merespon pandemi Covid-19. Sila pertama, ketuhanan memberikan kita modal kuat, untuk selain bersabar menerima cobaan, tetapi juga menyatukan manusia agar bekerja sama tidak hanya di dalam negeri tapi juga dengan seluruh negara di dunia.

Baca juga : Erick: Amalkan Pancasila dengan Bersatu

"Untuk bersama mengendalikan Covid-19, tentunya dengan besar harapan, pertolongan Allah, Tuhan Yang Maha Esa memberikan jalan terbaik keluar dari situasi pandemi ini," ujar Dicky.

Sila-sila berikutnya, lanjut Dicky, juga banyak memberikan modal besar dalam menghadapi pandemi. Seperti bersatu padu antar sesama dan mengutamakan kepentingan rakyat bagi para pemimpin dan pejabat berwenang.

Kepentingan rakyat pada saat pandemi ini, tekan Dicky, adalah aspek kesehatan masyarakat harus diutamakan agar dapat segera keluar dari situasi krisis ini.

Baca juga : Hari Pancasila, Kapolri Ajak Rakyat Bersatu Lawan Covid-19

"Aspek keadilan sosial juga mengingatkan kita untuk memperhatikan mana yang paling penting bagi masyarakat dalam hal pengendalian pandemi, tidak hanya untuk sekelompok tertentu, tetapi seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali," terang Dicky.

Oleh karenanya, lanjut Dikcy, momentum peringatan Hari Lahir Pancasila 01 Juni dapat dijadikan refleksi dan evaluasi, sejauh mana kita sebagai bangsa, sebagai masyarakat, sebagai individu, merespon pandemi ini.

"Semoga, ke depan, kita bisa jauh lebih baik lagi dalam menghadapi pandemi. Tentu berbasis science, dan mengutamakan aspek kesehatan masyarakat, sebagai tujuan utama dalam pengendalian pandemi. Selamat hari lahir Pancasila. Semoga Allah senantiasa merahmati kita semua," pungkas Dicky. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.