Dark/Light Mode

Dua Kali Lebih Cepat Menular

Awas, Varian Delta Incar Anak-anak

Selasa, 8 Juni 2021 05:18 WIB
Ilustrasi virus Corona. (Foto : SHUTTERSTOCK).
Ilustrasi virus Corona. (Foto : SHUTTERSTOCK).

 Sebelumnya 
Akun @imsheshh heboh. Dia bilang, var­ian Delta bersumber dari India. Saat ini, var­ian B.1.617.2 tengah merebak di mana-mana. Bahkan, vaksin Covid-19 yang sekarang ada tidak bisa menaklukan varian Delta ini.

“Vaksin Pfizer kurang efektif untuk varian Delta dibandingkan strain sebelumnya,” sam­bung @toniirawan.

Baca juga : Buruan, Alih Fungsikan Sarana Umum Jadi Pusat Karantina...

Rudi G Aswan menimpali. Dia menegaskan, vaksin AstraZeneca sudah mendapat izin diguna­kan dalam penggunaan darurat di lebih 70 negara di dunia. Vaksin AstraZeneca efektif melibas Corona varian Delta dan mutasi lainnya.

“Kita nggak usah waswas. Niatkan sebagai ikhtiar untuk mengusir virus agar pandemi segera usai,” imbaunya.

Baca juga : Ogah Divaksin, Tinggalin Aja

Menurut @Sulselprov, saat ini sudah ada 3 varian virus Corona yang pertama kali ter­deteksi di luar negeri. Yaitu, varian B.1.1.7, varian B.1.617 dan varian B.1.351. ”Kini, telah menyebar di Indonesia,” ujarnya.

Adam Prabata menyebut, daftar nama baru varian virus penyebab Covid-19 dari Badan Kesehatan Dunia (WHO). Yaitu, B.1.1.7 = Alpha, B.1.351 = Beta, P1 = Gamma, B.1.671.2 = Delta. Kata dia, semoga tidak ada lagi pe­nyebutan nama varian virus Corona dengan nama negara tertentu.

Baca juga : Termasuk Kelompok Rentan, Disabilitas Berhak Divaksin

“Menyebut suatu varian dengan nama negara berisiko menciptakan stigma terhadap warga negara tersebut di dunia internasional,” kata dia.

Akun @Merich menyambung. Dia bilang, WHO telah mengumumkan penamaan baru sistem untuk varian Covid-19. Yaitu, varian UK sebagai Alpha, varian South African seba­gai Beta, varian Indian sebagai Delta, varian Philippine sebagai Theta. Dan varian Nigerian sebagai Eta. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.