Dark/Light Mode

Alarm Bahaya Di 13 Kabupaten/Kota Bunyi

Disiplin Prokes Dan Selalu Berdoa Semoga Tak Ada Tsunami Covid-19

Jumat, 11 Juni 2021 05:25 WIB
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Marji - Medcom).
Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto : Marji - Medcom).

 Sebelumnya 
Netizen pun meminta publik memperketat lagi protokol kesehatan (prokes) demi mence­gah penyebaran Covid-19 dan menurunkan tingkat BOR di daerah. “Yuk ditingkatkan lagi prokesnya. Keterisian rumah sakit untuk pasien Covid-19 meningkat lagi, Gaes. Ingat selalu 3M,” ujar mugiwararifkii.

Esi_fh mengatakan, saat ini ruang iso­lasi Covid-19 selalu penuh. Ruang ICU isolasi Covid-19 juga penuh terus. Dia pun meng­ingatkan masyarakat aware dengan kondisi kesehatan sendiri dan keluarga masing-masing. “Yuk, kesadaran dirinya, yuk. Sekiranya sudah merasa ada gejala, cepat swab biar cepat ditan­gani. Jangan sudah gejala berat baru datang ke rumah sakit,” imbau dia.

GoodDoggo107 mengatakan, daerah lain yang patut mendapat alarm dari Satgas Covid- 19 adalah DKI Jakarta dan sekitarnya. Kata dia, BOR Wisma Atlet melebihi 60 persen dengan penambahan pasien yang saat ini sedang dira­wat mencapai 400 pasien setiap harinya.

Berita Terkait : Jangan Dipaksakan, Tunggu Kasus Covid-19 Melandai Saja

“Pemerintah harus menambah tempat tidur isolasi secepatnya karena lonjakan mulai ek­sponensial,” katanya.

Lalisa_bp13 meminta kepala daerah segera mengantisipasi tingginya tingkat keterisian ru­mah sakit. Apalagi, jika sudah mencapai di atas 60 persen. Zulkifloyoy mengatakan, berdasarkan standar WHO (World Health Organization), kapasitas BOR maksimal 60 persen.

“Semua kepala daerah tiap hari harus me­monitor perkembangan kasus Covid-19,” de­sak AndreWidianto16. “Selalu pantau dan sigap merespons fluktuasi kasus Covid-19 untuk tekan laju penularan,” tambah g4rang4nCool.

Berita Terkait : Klaster Sekolah Muncul, Guru Juga Perlu Diedukasi

Nooraa02659118 mengungkapkan, Satgas Covid-19 akan melakukan intervensi bagi daerah yang mengalami peningkatan BOR. Dia bilang, daerah akan diminta berkoordinasi dengan kementerian terkait, TNIdan Polri.

“Pemerintah daerah perlu terus memantau sumber daya dan ketersediaan tempat tidur ru­mah sakit sebagai antisipasi terhadap peningka­tan kasus Covid-19,” kata AdityaSaptaDara.

Jhosua16234077 berharap, seluruh wilayah bisa mempelajari antisipasi dalam penanganan Covid-19 dari Kabupaten Kudus dan Cilacap. Dengan begitu, kata dia, semua daerah siap menghadapi segala kemungkinan terburuk. “Khususnya lonjakan kasus Covid-19,” tu­turnya. [ASI]