Dark/Light Mode

Nakes Di Wisma Atlet Kelelahan, Dokter Mulai Dilematis

Oksigen Ada 9, Pasien Ada 20, Mana Yang Harus Didahulukan

Sabtu, 19 Juni 2021 07:57 WIB
Pasien Covid-19 yang menumpuk menunggu ruangan di RSD Wisma Atlet. (Foto: Istimewa)
Pasien Covid-19 yang menumpuk menunggu ruangan di RSD Wisma Atlet. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Agar lonjakan pasien bisa diatasi, dia mendesak pemerintah segera menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara menyeluruh. Sebab, lonjakan kasus setelah libur Lebaran tahun ini berbeda dengan tahun lalu. Peningkatan pasien begitu cepat. Hal ini ditandai dari keterisian tempat tidur di rumah sakit, dari 20 persen hingga 80 persen. 

"PPKM jangan hanya sporadis. Kalau sporadis, kita nggak bisa mencegah orang masuk dan keluar," tekan dokter berusia 58 tahun itu. 

Baca juga : Ada Atau Tidak Ada OTT, Ekspor Benih Lobster Harus Dihentikan

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi memperkirakan, ada tren peningkatan kasus hingga awal Juli mendatang. Karenanya, pemerintah memohon masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. 

Menurutnya, melandaikan kurva penambahan kasus sangat diperlukan. Kalau tidak, nakes akan kesulitan menjalankan layanan dengan optimal. "Karena beban yang besar dalam waktu bersamaan. Ini prinsip kurva epidemiologi," kata Siti Nadia, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Wisma Atlet Sudah Terima 102 Pasien Covid-19, 71 Dirawat

Dia juga berharap, ada peningkatan tes Covid. Dengan begitu, diharapkan dapat mengurangi beban rumah sakit. "Dengan tes dini, penyakit lebih cepat diketahui, pasti akan lebih cepat ditangani. Sehingga tidak menjadi berat, yang butuh perawatan RS," papar Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes itu. 

Epidemiolog Universitas Gadjah Mada (UGM) Riris Andono Ahmad miris mendengar kabar mulai terbatasnya alat kesehatan. Untuk mengatasi ini, dia menyarankan para dokter mengedepankan sistem triase. 

Baca juga : Dipastikan Cerai Dari Garuda, Semoga Tak Ada Penumpang Sriwijaya Yang Dirugikan

"Triase itu sistem untuk menentukan pasien yang diutamakan memperoleh penanganan medis terlebih dulu di IGD berdasarkan tingkat keparahan kondisinya," jelas Riris, saat dihubungi Rakyat Merdeka, tadi malam. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.