Dark/Light Mode

Soal Jabatan Presiden 3 Periode

Mahfud Bikin Senang Netizen

Selasa, 22 Juni 2021 07:40 WIB
Menko Politik, Hukum dan HAM, Mahfud MD tolak wacana usulan perpanjangan jabatan presiden jadi 3 periode. (Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga)
Menko Politik, Hukum dan HAM, Mahfud MD tolak wacana usulan perpanjangan jabatan presiden jadi 3 periode. (Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga)

 Sebelumnya 
Politisi Partai Demokrat, Andi Arief mengatakan, wacana Jokowi 3 periode itu wacana inkonstitusional. Namun polisi gak perlu menangkap yang punya ide.

“Jika ada wacana inkonstitusional, misalnya jabatan di periode kedua hanya cukup 2,5 tahun saja, artinya pemilu dipercepat, juga jangan ditangkap. Demi keadilan,” ujarnya di akun Twitternya, @Andiarief__.

Sikap Mahfud ini, sejalan juga dengan sikap PDIP. Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto memastikan, partainya akan taat pada konstitusi. Yaitu, masa jabatan presiden adalah dua periode. “Sikap partai jelas, masa jabatan presiden itu dua periode, karena partai berpegang pada konstitusi,” ujar Hasto, kemarin.

Baca juga : Demokrat Haqqul Yakin Itu Bukan Gagasan PDIP

Dia pun ogah membahas hal yang tidak pernah terbesit di partainya itu. Menurut Hasto, saat ini yang lebih penting itu membahas langkah yang perlu dilakukan agar arah dan haluan negara untuk jangka panjang dan menengah, bisa dirumuskan. Dengan begitu, ada sebuah keberlanjutan dari arah pembangunan negara.

“Meski jabatan presiden dibatasi dua periode, namun konsistensi terhadap arah pembangunan negara dapat diwujudkan,” ucap Hasto.

Selain itu, Hasto mengajak semua pihak fokus memikirkan pandemi Covid-19 yang hingga kini belum juga minggat dari Indonesia. “Saat ini bukanlah momen yang tepat untuk membahas wacana presiden tiga periode. Fokus saja mengatasi pandemi Covid-19,” sebut sekjen PDIP dua periode itu.

Baca juga : Projo Dukung Keinginan Jokowi Untuk 2 Periode Saja

Penolakan juga datang dari Projo, relawan Jokowi di pilpres. “Kami mendukung keinginan Pak Jokowi hanya 2 periode menjabat Presiden RI,” kata Sekjen DPP Projo, Handoko, kemarin.

Menurut dia, Projo konsisten seperti yang pernah disampaikan dalam Kongres II, awal Desember 2019 lalu. “Tak perlu ada perpanjangan masa jabatan presiden,” terang Handoko.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga menegaskan, menolak wacana jabatan presiden 3 periode. “Kalau ada yang usulkan itu, ada tiga (motif) menurut saya, ingin menampar muka saya, ingin cari muka, atau ingin menjerumuskan,” ujar Jokowi. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.